Webometrics Ranking: UMA Kampus Swasta Terbaik Di Pulau Sumatera

  • Bagikan

MEDAN ( Berita ) : Universitas Medan Area (UMA) meraih peringkat 1 selama 2 periode pada penilaian Universitas Swasta Terbaik di Pulau Sumatera berdasarakan Webometrics Ranking of World Universities edisi Juli Tahun 2021.

Peringkat ini secara resmi diterbitkan oleh webometrics.info yang merupakan suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui informasi berbasis website yang dimiliki dan dikembangkan universitas tersebut.

Rektor UMA Prof Dr Dadan Ramdan M.Eng M.Sc, Ahad (1/8) mengatakan bersyukur atas capaian ini yang menunjukkan UMA sebagai kampus yang berada pada deretan kampus terbaik. “Ini adalah kerja keras seluruh komponen UMA,” ujarnya.

Prof Dadan berharap, prestasi ini akan dipertahankan bahkan ditingkatkan dari waktu ke waktu hingga menjadikan UMA menjadi kampus yang berkiprah tidak saja dalam wilayah nasional, namun juga regional dan internasional.

“Kita meyakini bahwa usaha kerja keras yang dibarengi dengan doa dan ketakwaan akan membawa hasil yang terbaik,” katanya.

Sementara Kepala Pusat Data dan Aplikasi Informasi (PDAI) UMA, Rangga Satya Tarigan ST mengatakan bahwa tujuan awal dari pemeringkatan webometrics ini merupakan wujud untuk mempromosikan kehadiran web akademik, serta mendukung inisiatif akses terbuka.

“Untuk meningkatkan secara signifikan transfer pengetahuan ilmiah serta budaya yang dihasilkan oleh universitas ke seluruh lapisan Masyarakat.

Demi mencapai tujuan ini, publikasi peringkat merupakan salah satu alat yang paling kuat dan sukses untuk memulai dan mengonsolidasikan proses perubahan di dunia akademis,” jelas Rangga.

UMA pada tahun 2021 ini menempati Peringkat ke-1 Universitas Swasta terbaik di Sumatera Utara dalam pemanfaatan web, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Sedangkan untuk peringkat Indonesia (Nasional) UMA mengalami peningkatan peringkat ke-58 sebelumnya peringkat 74.

Adapun urutan peringkatan berdasarkan 3 besar Universitas Terbaik di Sumatera Utara ialah :

  1. Universitas Sumatera Utara, 2. Universitas Negeri Medan, 3. Universitas Medan Area.

Rangga menguraikan, penilaian Webometrics Ranking of World Universities tahun 2021 menggunakan metodelogi yang sama melalui perhitung 3 komponen seperti pada edisi lalu.

“Peningkatan yang dialami UMA adalah salah satu wujud prestasi untuk membuktikan bahwa UMA mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya se-Indonesia,” tegasnya.

Rangga menambahkan berkat kerja keras seluruh civitas di lingkungan UMA, yang didukung penuh oleh Ketua Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim dan Rektorat, UMA mengalami peningkatan peringkat Universitas Terbaik di Indonesia.

“Harapannya, prestasi ini adalah langkah awal bagi UMA untuk memberikan publikasi yang bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat,” katanya. ( Dede)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *