Aset Perbankan Sumut Meningkat, Capai Rp333,06 Triliun

  • Bagikan
Berita Sore/laswie wakid Deputi Direktur Pengawasan LJK 2 Otoritas OJK Provsu Anton Purba pada media gathering di hotel Mikie Holiday Berastagi 7-8 Desember 2023.

BERASTAGI (Berita): Sektor perbankan Sumatera Utara pada Oktober 2023 kembali mencatatkan pertumbuhan yang positif. Total aset tercatat sebesar Rp333,06 Triliun dengan pertumbuhan sebesar 3,02 persen yoy.

Deputi Direktur Pengawasan LJK 2 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sumatera Utara Anton Purba mengatakan hal itu pada media gathering yang digelar OJK 7-8 Desember 2023 di Mikie Holiday Berastagi. Acara itu diikuti wartawan ekonomi dan bisnis Medan.

Anton menjelaskan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) juga bertumbuh sebesar 2,54 persen yoy menjadi Rp311,62 triliun.

Sementara itu, penyaluran kredit/pembiayaan oleh bank yang berlokasi di Sumatera Utara tercatat sebesar Rp254,74 triliun dengan pertumbuhan terbatas sebesar negatif -0,86 persen yoy.

Namun mulai bergerak meningkat terlihat dari pertumbuhan year to date (ytd) sebesar 0,50 persen. Adapun struktur kredit terdiri dari 70,47 persen kredit produktif dan 29,53 persen kredit konsumtif.

Menurut Anton, pertumbuhan kredit tersebut ditopang oleh kredit modal kerja bank umum yang bertumbuh 0,28 persen yoy menjadi Rp115,95 triliun setelah sebelumnya terkontraksi.

Kredit kepemilikan rumah tinggal yang bertumbuh 9,75 persen yoy menjadi Rp23,25 triliun. “Jika dibandingkan dengan tren historis dari Desember 2022 yang lalu, kredit modal kerja justru mengalami kontraksi yang paling dalam,” ungkapnya.

Sehingga pulihnya pertumbuhan kembali menjadi positif ini menunjukkan sektor dunia usaha di Sumut sudah bergerak pulih dan mulai melakukan ekspansi usaha yang sigfnifikan.

Di sisi lain, kredit restrukturisasi terkait pandemi Covid-19 terus mengalami penurunan sebesar Rp33 miliar dibanding bulan sebelumnya menjadi Rp8,30 triliun.

“Kondisi ini menandakan kinerja debitur yang semakin baik seiring dengan pemulihan dunia usaha,” jelas Anton. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *