Bank Mestika Kembali Gelar Donor Darah

  • Bagikan
Berita Sore/laswie wakid Masyarakat dan karyawan Bank Mestika yang mendonorkan darahnya di Kantor Bank Mestika Jalan Zainul Arifin Medan Kamis (25/7/2024).

MEDAN (Berita): PT Bank Mestika Dharma, TBK (Bank Mestika) kembali menggelar donor darah sebagai kegiatan rutin Perseroan dalam bakti sosialnya.

Acara yang berlangsung selama tiga hari, Selasa – Kamis (23-25 Juli 2024) itu berlangsung di tiga lokasi kantor Bank Mestika dengan tema ‘Setetes Darah Berjuta Kebaikan’.

Selasa, 23 Juli 2024 di Kantor Bank Mestika Cabang Pembantu (Capem) Iskandar Muda, Capem Setiap Budi dan Capem Cemara Asri. Rabu, 24 Juli 2024 di Capem Brayan, Capem Marelan dan Capem Lubukpakam.

Pada Kamis, 25 Juli 2024 di Kantor Pusat Bank Mestika Jalan Zainul Arifin Medan, Capem Krakatau dan Capem MMTC kawasans Jalan Pancing Medan.

Kepala Bagian Corporate Secretary PT Bank Mestika Dharma, Tbk Suharto Kurniawan kepada wartawan Kamis (25/7/2024) mengatakan Bank Mestika setiap tahun menggelar acara donor darah. Sempat berhenti tatkala wabah Covid-19 tahun 2020 dan tahun 2021.

“Dua tahun berhenti karena Covid-19, lalu tahun 2022 kembali lagi digelar. Tahun 2024 merupakan tahun ketiga setelah Covid-19,” kata Suharto di sela acara ‘Pengukuhan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumut’ yang baru di aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubsu Jalan Jenderal Sudirman Medan Kamis (26/7/2024). Acara itu juga dihadiri
Presiden Direktur PT Bank Mestika Dharma, Tbk Achmad S Kartasasmita.

Suharto mengatakan donor darah merupakan kegiatan bakti sosial Bank Mestika dengan tujuan membantu masyarakat untuk mendapatkan darah. Ini juga merupakan kegiatan yang berdampak langsung pada masyarakat.
Melakukan donor darah artinya peduli terhadap sesama dan diri sendiri karena dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

“Mereka yang berhasil mendonorkan darahnya, oleh Bank Mestika diberi souvenir menarik,” kata Suharto.

Menurutnya, kebutuhan darah di Kota Medan sangat tinggi sehingga Bank Mestika berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan menggelar donor darah yang diikuti karyawan Bank Mestika dan masyarakat umum lainnya

“Donor darah yang digelar untuk membantu masyarakat melalui PMI di mana kebutuhan darah cukup besar sedangkan stok kurang,” kata Suharto.

Ternyata antusias masyarakat cukup besar untuk mendonorkan darahnya ke PMI yang semuanya difasilitasi Bank Mestika, dari mulai makanan/minuman bergizi yang diberikan ke pendonor sampai fasilitas lain seperti tenda.

“Kami memfasilitasi saja, termasuk memberikan souvernir bagi pendonor, sedangkan operasionalnya tetap dilakukan perawat dan dokter PMI,” tegasnya.

Ia menyebut dari pendonor yang datang, tingkat keberhasilan untuk bisa donor mencapai 70-75 persen. Sisanya ada halangan lain seperti darah rendah. Rata-rata tiap even donor darah, dapat 400 kantong lebih.

Selain di Sumatera Utara, Suharto mengatakan Bank Mestika juga menggelar acara donor darah di Padang, Sumatera Barat. Di sana, Bank Mestika kerja sama dengan Universitas Negeri Padang (UNP). Bahkan di Padang, sudah digelar akhir tahun 2021, jelang berakhirnya wabah Covid-19.

Karena pada saat itu, kebutuhan darah sangat tinggi. Pada acara donor di UNP Padang, Bank Mestika bisa membantu sampai 1.500 kantong darah. “Di sana tingkat partisipasinya sangat tinggi sekali kebanyakan diikuti pendonor masyarakat umum dan mahasiswa UNP,” jelas Suharto, seraya menambahkan Bank Mestika mempunyai Kantor Cabang di Padang.

Namun pada acara donor itu, tambah Suharto, Bank Mestika tujuannya memang bakti sosial membantu setetes darah berjuta kebaikan. Jadi tidak ada sasaran untuk menambah nasabah. Pasalnya, nasabah Bank Mestika di Padang kebanyakan nasabah corporate, nasabah besar -besar.

Meski demikian, Bank Mestika tetap menggelar pelatihan UMKM bagi pelaku usaha dan mahasiswa UNP di sana. Pelatihan bagaimana berjualan online yang baik. Mengelola keuangan untuk apa, dimana menghitung keuntungan buat diri sendiri.

“Mahasiswa dan pengusaha UMKM ternyata meresponnya. Penyaluran kredit Bank Mestika, 25 persen untuk UMKM,” terangnya.

Suharto menambahkan Bank Mestika di Sumut lebih 20 kantor cabang, 12 di antaranya berada di Medan. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *