BI Sumut Kampanye Bijak Belanja Dengan QRIS

  • Bagikan
Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Azka Subhan (empat kiri) bersama PD Pasar dan Bank Mandiri Medan melaksanakan Kampanye Bijak Belanja Dengan QRIS di di Pasar Sukaramai Medan, Kamis ( 10/11/2022l). beritasore/ist

MEDAN (Berita): Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw-BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), menyelenggarakan Kampanye Belanja Bijak dengan QRIS bersama PD Pasar Kota Medan dan Bank Mandiri.

Hal ini bertujuan dalam Pengendalian Inflasi Menjelang HBKN Natal dan Tahun Baru 2022 serta Edukasi Keuangan Digital, di Pasar Sukaramai Medan, Kamis ( 10/11/2022).

Turut Hadir antara lain Area Head Bank Mandiri Kota Medan M Afriazi, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut, Azka Subhan, Dirkeu/Adm PUD Pasar Medan, Fernando Napitupulu, dan Dirbang/SDM, Imam Abdul Hadi.

Kepala KPw BI Sumut, Doddy Zulverdi melalui Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Azka Subhan mengajak masyarakat agar belanja bijak ketika bertransaksi.

Kehadiran aplikasi QRIS saat ini dapat digunakan untuk setiap kali bertransaksi ketika berbelanja di pasar Sukaramai, dan pasar lainnya di Kota Medan.

“Cukup melakukan pembayaran melalui QRIS, yang dapat diunduh pada Playstore di android sehingga transaksi mudah dan aman,” ungkapnya.

Ia mengatakan, bahwa saat ini pengguna QRIS sudah mencapai 80 persen dan BI Sumut akan berupaya mendorong lagi agar transaksi non tunai di akhir tahun 2022, para pengguna QRIS mencapai target yakni 100 persen.

Dari 53 pasar di Kota Medan, saat ini sudah ada tiga pasar yang telah menggunakan QRIS dalam bertransaksi antara lain Pasar Sukaramai, Pasar Petisah dan Pusat Pasar.

“Semoga kedepan semakin banyak pasar yang memanfaatkan QRIS sebagai transaksi digital yang aman tanpa harus membawa uang kontan dalam jumlah besar,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, menjelang perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru Tahun 2022, salah satu upaya yang Bank Indonesia lakukan ialah Kampanye Belanja Bijak dengan QRIS kepada masyarakat.

Melalui kampanye tersebut diharapkan baik pedagang maupun pembeli dapat lebih bijak dan rasional dalam berbelanja, seperti belanja seperlunya, tidak menimbun barang atau produk kebutuhan pokok, serta mencari alternatif pangan olahan seperti cabai bubuk maupun olahan lainnya, sebagai upaya menghindari kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang perayaan natal dan tahun baru 2022.

Program Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai (SIAP) QRIS merupakan perancangan pasar dan pusat perbelanjaan dalam mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional, yang di inisasi oleh Kementerian Perdagangan RI dan Bank Indonesia.

Sementara itu, Kepala PUD Pasar Kota Medan, Suwarno mengatakan pihaknya mendukung penuh program BI dalam penggunaan QRIS sebagai alat transaksi digital di 53 pasar di kota Medan.

“Untuk saat ini sudah ada 3 pasar dari 53 pasar yang telah menerapkan QRIS sebagai alat transaksi.,” katanya. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *