Kinerja Indosat Ooredoo Hutchison Melesat Pesat Menuju Digital Kelas Dunia

  • Bagikan

MEDAN (Berita): PT Indosat Tbk (ISAT) didirikan oleh Pemerintah RI pada tanggal 20 November 1967 sebagai perusahaan investasi asing untuk menyediakan layanan telekomunikasi internasional di Indonesia.

Mulai beroperasi secara komersial pada bulan September 1969 untuk membangun, mengalihkan dan mengoperasikan telekomunikasi International.

Seiring berjalannya waktu, PT Indosat Ooredoo Tbk (ISAT) melaksanakan merger dengan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) atau Tri Indonesia pada Selasa, 4 Januari 2022. Namanya menjadi Indosat Ooredoo Hutchison (IDX: ISAT) (“Indosat”, “IOH”).

Berarti belum sampai dua tahun bersama, namun kinerjanya kini sudah melesat pesat, bak anak panah menuju digital kelas dunia.

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), Bersatu untuk Indonesia. Memajukan masyarakat Indonesia dengan menyediakan layanan telekomunikasi digital terkemuka.

PT Indosat Ooredoo Hutchison hadir untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital paling disukai di Indonesia. Merger IOH menggabungkan dua bisnis yang sangat saling melengkapi antara PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia untuk menciptakan perusahaan telekomunikasi digital dan internet kelas dunia baru untuk Indonesia. Dapat bersaing lebih baik dan menciptakan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan, termasuk karyawan, pelanggan dan pemegang saham.

Indosat Ooredoo Hutchison kini masuk dalam jajaran bisnis telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia. Indosat Ooredoo Hutchison akan berpedoman pada visi perusahaannya “Menjadi Perusahaan Telekomunikasi Digital Pilihan Terbaik di Indonesia” untuk menangkap peluang pasar yang luar biasa yang dihadirkan oleh pertumbuhan digital dan ekonomi Indonesia.

Skala, kekuatan finansial, dan keahlian Perusahaan yang ditingkatkan, dikombinasikan dengan jaringan, bakat, dan kemitraan strategisnya yang unggul, akan memungkinkan Indosat Ooredoo Hutchison menjadi pemain telekomunikasi utama yang mendorong agenda transformasi digital di Indonesia.

Perusahaan akan fokus pada misi utamanya untuk memberikan pengalaman digital kelas dunia sambil menghubungkan dan memberdayakan setiap orang Indonesia.

Optimisme menjadi perusahaan digital terbesar di Indonesia dan menuju kelas dunia, bukanlah merupakan impian belaka. Pasalnya, IOH memiliki nilai perusahaan: 1. Trust (Mempercayai) : Berpikir positif, walk the talk dan bisa diandalkan. 2. Care (peduli) : Menunjukkan kepedulian, menghormati dan melayani dengan sepenuh hati. 3. Passion to be the best (Semangat untuk menjadi yang terbaik) : Berjuang untuk keunggulan melalui perbaikan dan penyempurnaan terus-menerus.
4. Fast (Cepat) : Cepat dalam pemecahan masalah, membuat keputusan, mengambil tindakan dan mengadopsi. 5. Youthful Spirit (Jiwa Muda) : Energik, dinamis dan berani menjadi penggerak perubahan.

Perusahaan juga memiliki keunggulan yang mumpuni. 1. Manfaatkan skala, kekuatan finansial dan infrastruktur pelengkap untuk menciptakan sinergi biaya dan CAPEX yang mendorong investasi lebih ambisius dengan pengembalian yang lebih tinggi.

2. Memanfaatkan spektrum gabungan untuk menciptakan kualitas jaringan yang lebih baik, jangkauan yang lebih luas dan kecepatan data yang lebih cepat untuk menghadirkan pengalaman pelanggan yang luar biasa.

3. Memanfaatkan penawaran produk yang lebih luas untuk menarik lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia, membangun basis pelanggan gabungan.

4. Memiliki kemampuan untuk menarik lebih banyak mitra strategis lintas industri untuk mendorong kolaborasi yang menciptakan lebih banyak peluang bisnis dan mempercepat transformasi digital Indonesia

5. Memiliki kemampuan untuk membawa para profesional terbaik untuk bekerja sama dalam lingkungan pengasuhan yang mendorong pertumbuhan.

Buktinya, belum sampai dua tahun, kinerja perusahaan melesat pesat. Pada laporan keuangan yang dirilis IOH 30 Oktober 2023, perusahaan ini kembali mencatatkan kinerja keuangan yang solid di tahun 2023.

Tepatnya pada sembilan bulan terakhir terhitung hingga tanggal 30 September 2023, termasuk peningkatan yang signifikan pada total pendapatan dan EBITDA (Earning Before Interest, Tax Depreciation and Amortization) atau laba sebelum pajak, depresiasi dan amortisasi.

Sepanjang sembilan bulan pertama tahun 2023 (9B23), Indosat membukukan total pendapatan sebesar Rp37,4 triliun, meningkat 8,5 persen YoY. Hal ini didorong oleh beragam lini bisnis mulai dari Selular, MIDI, dan Fixed Telecom.

Kombinasi dari pertumbuhan pendapatan dan optimalisasi biaya, berdampak pada peningkatan EBITDA sebesar 24,0 persen YoY menjadi Rp17,4 triliun dan menghasilkan marjin EBITDA yang mencapai 46,6 persen di 9B23.

Adapun laba periode berjalan yang apat diatribusikan kepada pemilik Entitas Induk mencapai Rp2,7 triliun. Lewat capaian ini, Indosat mencatat rekor baru dengan membukukan laba bersih positif selama sebelas kuartal berturut-turut.

Kinerja yang pesat ini bisa dibandingkan saat satu tahun merger, tepatnya dari 4 Januari – 31 Desember 2022. IOH melaporkan kinerja keuangannya untuk kuartal keempat dan satu tahun penuh yang berakhir pada 31 Desember 2022.

Baru satu tahun merger, pada 31 Desember 2022 total pendapatan naik sebesar 48,9 persen YoY atau Rp31.388,3 miliar menjadi Rp46.752,3 miliar. EBITDA tercatat sebesar RP19.468,7 miliar atau naik sebesar 40,2 persen dengan margin EBITDA tercatat sebesar 41,6 persen pada 2022.

Pada tahun 2022 itu, laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp4.723,4 miliar.
Pelanggan seluler Perusahaan meningkat 62,5 persen menjadi 102,2 juta dengan pertumbuhan lalu lintas data sebesar 91,8 persen di tahun 2022, berkontribusi pada kenaikan pendapatan Data sebesar 61,3 persen dibanding tahun sebelumnya.

Vikram Sinha, President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison mengaku bangga dapat mencatatkan kinerja keuangan dan operasional yang kuat selama 9B23, termasuk membukukan laba bersih positif selama sebelas kuartal berturut-turut.

“Kinerja kami didorong oleh komitmen menjadi yang terbaik, strategi Go-to-Market yang terencana, serta fokus tak tergoyahkan untuk memberikan marvelous experience bagi pelanggan. Skala dan kinerja ini memungkinkan kami untuk menggapai tujuan yang lebih besar, yakni menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa,” ungkap Vikram.

Komitmen Indosat dalam memberikan pengalaman digital kelas dunia terus berjalan lewat penawaran produk yang simpel dan transparan, serta diiringi perluasan jaringan. Hal ini dititikberatkan pada pelanggan berkualitas tinggi dan meluncurkan penawaran digital baru untuk meningkatkan konsumsi pengguna.

Memberdayakan Indonesia secara digital,
Indosat terus mewujudkan tujuan besarnya, yaitu menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa.

Indosat semakin memperkuat jaringan 4G di wilayah Nusa Tenggara di Indonesia Timur, memperluas inklusi digital dan membuka peluang tak terbatas bagi masyarakat.

Vikram menyebut jaringan Indosat kini telah menjangkau lebih dari 80 persen populasi di seluruh Nusa Tenggara, dengan penambahan pemancar jaringan (site) yang meningkatkan kapasitas mobile internet hingga dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

“Indosat terus memperluas jaringannya ke wilayah pedesaan yang belum terlayani di Indonesia Timur dalam rangka menutup kesenjangan digital,” kata Vikram.

Indosat juga telah meluncurkan kemitraan baru dengan International Telecommunication Union (ITU) dan Digital Transformation Centres Initiative (DTCI) untuk memperkuat literasi digital dan memfasilitasi pelatihan keterampilan digital bagi masyarakat terpencil dan kurang terlayani di Indonesia.

Kemitraan merupakan pilar utama dari pendekatan Indosat untuk memberdayakan Indonesia secara digital. Bersamaan dengan itu, Indosat mengumumkan kemitraan baru dengan Cisco untuk memperkenalkan kursus pelatihan keamanan siber Cisco Networking Academy ke dalam program pelatihan IDCamp Indosat yang sukses setiap tahunnya.

Indosat optimis bahwa bisnis memiliki peran penting dalam menciptakan dunia lebih baik dan lebih berkelanjutan. Indosat juga terus mengembangkan berbagai inisiatif di bawah kerangka kerja Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG).

Perusahaan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi emisi dan konsumsi energi, termasuk melalui pemasangan panel surya, baterai yang efisien, dan mode sleep cell di seluruh jaringan BTS.

Sejalan dengan itu, Indosat terus memperkuat program-program tanggung jawab sosial Perusahaan, termasuk IDCamp dan SheHacks, yang memperluas inklusi dan kesetaraan digital dan gender.

Terakhir, Indosat juga secara aktif memperkuat sistem privasi dan perlindungan data untuk memastikan bahwa sistem tersebut memenuhi standar tertinggi dan selaras dengan komitmen perusahaan untuk menjadi yang terbaik.

“Kami optimis telah berada di jalur yang tepat untuk mentransformasi Indosat dari perusahaan telco menjadi techco, dan memimpin transformasi digital di industri ini. Dengan semangat Gotong Royong, kami akan melanjutkan perjalanan tanpa batas dalam memberdayakan Indonesia dan mendukung Indonesia berada di garis depan dalam perjalanan transformasi digital di kawasan Asia Tenggara,” tegas Vikram.

Bicara kelas dunia, banyak pengalaman dari pelanggan IOH yang menyatakan kalau kartu yang dipakai baik IM3 maupun Tri dan
Travel-On selama perjalanan ke luar negeri sangat bagus. Sinyalnya terang dan lancar.

Seperti pengalamanku pergi umroh dengan kartu Tri nomor +62 895-3169-7688, puas memakainya selama 12 hari di Tanah Suci. tanpa kendala apapun.

IOH memang tepat untuk menjadi perusahaan digital kelas dunia. Banyak yang sudah diperbuat untuk mensukseskan even kelas dunia seperti dukungan pada puncak rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali tahun 2022 baik di jaringan 5G maupun 4G.

Saat itu IOH mencatatkan lonjakan trafik 5G rata-rata sebesar 123 persen. Sedangkan trafik 4G turut mengalami kenaikan rata-rata sebesar 22 persen dibandingkan hari biasa.

Kenaikan trafik ini turut didukung oleh uji coba
implementasi 5G di spektrum frekuensi 3.5 GHz dan 26 GHz yang dilakukan bersama
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI yang mampu menghasilkan
kecepatan koneksi data (throughput) sampai dengan 800 Mbps. Juga dukungan terhadap perhelatan Piala Dunia tahun 2022.

Pengamat ekonomi Sumatera Utara Gunawan Benjamin Jumat (3/11) mengatakan kinerja IOH tumbuh positif mendorong pertumbuhan digitalisasi masyarakat Indonesia. Konektifitas ekonomi masyarakat yang sebelumnya terisolasi karena minimnya jaringan, akan bisa dibuka dengan kehadiran Indosat.

Gunawan menyebut dengan capaian laba (EBITDA) tersebut, IOH dapat terus memberikan kontribusi yang besar dan berkesinambungan bagi pembangunan ekonomi tanah air.

Ia menambahkan masyarakat sudah tidak bisa dilepaskan dari dunia digital dalam semua aspek kehidupan, terlebih untuk urusan ekonominya. “Jika tingkat inklusi bisa membaik, maka akan ada geliat ekonomi masyarakat yang bisa tumbuh disitu,” katanya.

Nyatanya dengan kinerja yang tumbuh positif itu, IOH meraih sejumlah penghargaan dunia. Paling baru penghargaan Gold dalam ajang Stevie International Business Awards (IBA) 2023 pada kategori HR Department of the Year oleh lembaga pemberi penghargaan bisnis terkemuka berskala internasional, Stevie Awards

Penghargaan itu atas keberhasilan Indosat mengelola dan meningkatkan sumber daya manusia pascamerger di awal 2022. Penghargaan yang proses seleksinya melibatkan lebih dari 230 juri profesional dari berbagai profesi di seluruh dunia ini menambah deretan apresiasi internasional terkait pengelolaan sumber daya manusia yang telah diperoleh pada tahun 2023 ini.

Pencapaian ini dinilai para juri sebagai pembuktian Indosat atas stigma besarnya potensi kegagalan pascamerger dari dua perusahaan yang sebelumnya saling berkompetisi.

Kesuksesan ini diperoleh Indosat dengan menempuh cara pendekatan proaktif dan persiapan holistik yang mendalam, termasuk imersi budaya sebagai faktor kunci dalam lancarnya proses penggabungan dua perusahaan.

Persiapan penyatuan sejak awal melibatkan teknologi canggih dengan menerapkan RPA (Robotic Process Automation) berbasis data, komunikasi empatik dan transparan, tanpa menyampingkan sisi kemanusiaan.

Pada akhirnya, Indosat mampu menghilangkan perspektif negatif terhadap rightsizing pascamerger untuk kemudian dapat diterima oleh semua pihak secara utuh, mendapat tanggapan positif di media, dan tidak mengganggu jalannya bisnis itu sendiri.

Perhatian Indosat juga tidak hanya pada karyawan, tapi lebih jauh kepada sistem pendukung utama mereka, yaitu keluarga. Untuk pertama kalinya setelah pasca merger,
Indosat mengadakan Family Fest di sembilan kota besar di Indonesia secara serentak, dengan dihadiri lebih dari 14 ribu karyawan beserta keluarga mereka, untuk bersama-sama merayakan suka-cita satu tahun kebersamaan di Indosat.

“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan budaya kerja positif untuk menjawab segala tantangan yang akan hadir di masa depan, demi mewujudkan misi perusahaan dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” kata Vikram Sinha.

Penghargaan lainnya, Indosat kembali meraih HR Asia Awards 2023 di bidang sumber daya manusia (SDM). Indosat berhasil memenangkan kategori ‘Best Company to Work For’ untuk keempat kalinya secara berturut-turut, dan memenangkan kategori baru di tahun ini yaitu ‘Digital Transformation Award 2023’.

Director and Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Irsyad Sahroni Kamis (6/7) mengatakan pihaknya senang atas pengakuan dan apresiasi dari HR Asia untuk berbagai upaya kami dalam memberikan pengalaman bekerja yang mengesankan bagi seluruh karyawan.

“Manajemen Indosat akan terus berfokus pada pengembangan kemampuan dan kesejahteraan karyawan karena mereka merupakan aspek penting bagi pertumbuhan perusahaan,” kata Irsyad.

Menurutnya Irsyad, transisi pascamerger dilalui dengan memberikan perhatian penuh terhadap kebutuhan karyawan dan tetap fokus pada pertumbuhan bisnis.

HR Asia Awards adalah penghargaan bergengsi tahunan yang diselenggarakan oleh Business Media International dan HR Asia.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha meraih CEO of the Year di ajang Selular Award 2023.

Vikram mengatakan momentum ini adalah wujud dari kerja keras semua pihak, baik dari karyawan Indosat, para mitra, dan dukungan dari para pelanggan. Perusahaan akan terus menghadirkan pengalaman yang mengesankan kepada seluruh pihak.

Penganugerahan CEO of The Year kepada Vikram Sinha karena dinilai Indosat memiliki kinerja sangat baik di bawah kepemimpinannya. Vikram sukses memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan perusahaan usai merger.

Berbagai penghargaan lainnya yakni Indosat juga pernah meriah PKM CSR Awards 2022. Di tahun yang sama, 19 Oktober 2022 meraih penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022, Kategori Penyedia Telekomunikasi predikat Action atas upayanya dalam menerapkan ESG. Meraih Global Carrier Awards 2022 yang diselenggarakan Capacity Media.com

Penghargaan The 10th Brand Finance Indonesia Top 100 Most Valuable Brands
Indosat Ooredoo – Top 100 Valuable Brands Category Platinum tahun 2022 sekaligus penghargaan Saham Terbaik diselenggarakan Majalah Investor.

Pada Agustus 2022 juga menerima penghargaan Technologue Award 2022
Best Entertainment Package – Freedom Internet, Best CSR Programme – IOH IDCamp
Penyelenggara: Technologue.

Di bulan Agustus 2022 juga, Indosat meraih
The Loyalty & Engagement Awards 2022
Best Loyalty Programme – Telecommunications (Silver-IMPoin) yang diselenggarakan Marketing Interactive. Pada 5 Agustus 2022 meraih Indonesia DEI & ESG Awards 2022, Vikram Sinha kategori Terpopuler di Media Online 2021 yang diselenggarakan Humas Indonesia (IDEAS)

Pada 2 Agustus 2022, meraih Mobile 360 Asia Pacific Digital Nation Award 2022
1st Runner Up Video Mrs Irma needs to innovate & Indosat Ooredoo has a solution yang diselenggarakan GSMA.

Ada lagi pada 29 Juli 2022, meraih penghargaan Selular Awards 2022, Operator of The Year. Lifetime Achievement – Muhammad Buldansyah, Excellent in Performance – Muhammad Buldansyah,
Excellence in Media – Steve Saerang,
Best Digital Talent Development – IDCamp
Most Affordable Data Package (IM3 Ooredoo Paket Freedom) yang diselenggarakan Selular.

Penghargaan ini menjadi bukti betapa kinerja IOH makin diakui menjadi perusahaan digital terbesar di Indonesia dan kelas dunia. Hal ini sesuai visinya “Menjadi Perusahaan Telekomunikasi Digital Pilihan Terbaik di Indonesia”. (Laswiyati Wakid).

* Tulisan ini diikutsertakan pada “Apresiasi Jurnalistik Indosat 2023”.

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *