KKSU 2024 Berhasil Capai Transaksi Dagang Rp91,7 Miliar

  • Bagikan
Berita Sore/ laswie wakid Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Yura Djalins (kanan berdiri) bersama Suharman Tabrani yang juga Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut (kiri) pada acara BBM di kantor BI Jalan Balaikota Medan Senin (29/7/2024).

MEDAN (Berita): Pada event Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) tahun 2024 yang dimulai sejak Februari hingga penutupannya pada 7 Juli berhasil meraup transaksi dagang senilai Rp91,7 miliar.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Yura Djalins mengatakan hal itu pada Bincang Bareng Media (BBM) bulan Juli 2024 yang berlangsung di Kantor BI Sumut Jalan Balaikota Medan Senin (29/7/2024). Yura memaparkan tentang KKSU, North Sumatera Invest dan kegiatan update BI Sumut bersama
Suharman Tabrani yang juga Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut dan Iman Gunadi selaku Advisor.

KKSU 2024 resmi dibuka di pelataran halaman Istana Maimun pada 3 Juli dan dilanjutkan di Delipark Mall Medan hingga 7 Juli 2024 merupakan rangkaian Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI).

Yura memaparkan total transaksi dari rangkaian acara KKSU sebesar Rp91,7 miliar serta business matching Rp10,8 miliar, melebihi target Gerakan Bangga Buatan Indonesia dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia sebesar Rp50 miliar per daerah.

GBBI dan GBWI KKSU 2024 merupakan gerakan yang bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui belanja produk UMKM dan berwisata di dalam negeri. Kegiatan ini dimulai sejak Februari 2024, yakni dalam kegiatan F1Powerboat di Danau Toba dengan omset penjualan mencapai Rp203 juta.

Dia menuturkan, penjualan event road to KKSU ini mencapai Rp32.879.553.975. Rangkaian acaranya, F1Powerboat, kemudian berlanjut dengan kegiatan planogram (Februari – Maret 2024) dengan total transaksi sekitar Rp6,6 miliar. Sedangkan kegiatan Pekan Inovasi pada 15 Mei 2024 dengan total penjualan Rp9,8 juta.

Sementara penjual pra KKSU, yang berlangsung sejak April hingga Juni 2024, juga mencatatkan penjualan yang besarannya mencapai Rp26 miliar. Penjualan saat pameran KKSU berlangsung tercatat sebesar Rp2,99 miliar. Selain itu, ada juga transaksi eksport UMKM yang berlangsung sejak April hingga Juni 2024 dengan nilai Rp55,89 miliar.

Sekadar informasi, tahun ini Bank Indonesia ditunjuk menjadi campaign manager GBBI & GBBWI 2024 pada 3-7 Juli 2024 di Istana Maimun dan Delipark Mall Medan yang diselaraskan dengan HUT Kota Medan. GBBI dan GBWI di Sumatera Utara dikemas dalam acara Karya Kreatif Sumatera Utara dengan tema “Rap Pamajuhon Sumatera Utara” (bersama-sama memajukan Sumatera Utara melalui pengembangan UMKM, peningkatan pariwisata, dan penguatan investasi).

Dalam kegiatan ini, terdapat 4 selebrasi program yang digelar di antaranya, pengembangan UMKM Go Export dengan total nilai transaksi ekspor mencapai Rp42 miliar; Business matching pembiayaan senilai Rp8,3 miliar; Penandatanganan 10 kerja sama investasi strategis senilai Rp500 miliar; Program Sosial Bank Indonesia berupa revitalisasi Istana Maimun.

KKSU 2024 yang dibanjiri 282 ribu pengunjung ini melibatkan 301 UMKM. Selain itu, perhelatan ini juga mendatangkan penyanyi juara 1 Indonesian Idol musim ke-10, Lyodra Ginting untuk menghibur masyarakat Sumatera Utara. Pengunjung cukup membayar 71 rupiah saja dengan menggunakan QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *