Meriah, BMPD MedanRun 2024 Diikuti 3000 Peserta

  • Bagikan
Berita Sore/ist Ribuan peserta BMP MedanRun 2024 siap lomba lari 5 K dan 10 K start di Lapangan Benteng Medan Minggu (7/7/2024).

MEDAN (Berita): BMPD MedanRun 2024 dinilai sukses karena diikuti total 3000 peserta sehingga suasana meriah dan padat terlihat di Lapangan Benteng Medan Minggu (7/7/2024) sebagai start dan finish event lomba lari 5 K dan 10 K tersebut.

Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Run 2024 merupakan bagian dari kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) sekaligus peringatan HUT Kota Medan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprovsu Arief Sudarto Trinugroho bersama Deputi Kepala KPwBI Sumut Yura A Djalins, Dandim 02/01 Medan, Head Manager Bank BRI dan Head Manager Bank BTN, secara resmi melepas 2500 peserta BMPD MedanRun 5K dan 10K, Minggu (7/7/2024) pukul 06.00 WIB di Lapangan Benteng, Jalan Imam Bonjol Medan.

Adapun rute kategori 5K, yakni Jalan Imam Bonjol (Lapangan Benteng) – Letjen Suprapto, Guru Patimpus – Maulana Lubis dan finish di Lapangan Benteng.

Sedangkan kategori 10K, Jalan Imam Bonjol (Lapangan Benteng) – Letjen Suprapto, Guru Patimpus- Gatot Subroto – Iskandar Muda-Gajah Mada- S Parman -Sudirman- P Diponegoro- Kapt Maulana Lubis- finish Jalan Imam Bonjol (Lapangan Benteng).

Sekda Provsu Arief Sudarto Trinugroho mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi pelaksanaan BMPD Medan Run 2024.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan antusias masyarakat cukup tinggi mengikuti semua rangkaian dari awal hingga akhir. Semoga kegiatan seperti ini tetap dilanjutkan dan dijadikan sebagai program tahunan,” katanya kepada wartawan.

Sementara itu, Ketua Panitia BMPD MedanRun 2024, Andrianta Tarigan menyebutkan, tujuan event ini digelar agar Kota Medan memiliki lomba lari berstandar nasional, agar tidak ketinggalan dengan kota besar lainnya di Indonesia.

“Tujuannya, event BMPD MedanRun ini dapat menjadi event yang memiliki standart baik dari pra race, race dan after race dan dapat terus berlangsung di tahun tahun berikutnya,” katanya.

Kegiatan BMPD MedanRun 2024 kali ini, sambung pria berambut plontos ini, pihaknya juga menggandeng komunitas lari di Kota Medan. “Diantaranya, RunMDN, Runvolution, Banana Runners, Medan Merdeka Runners, 246 Rosdrunners dan RUNKTL,” jelasnya.

Dia mengakui, MedanRun 2024 kali ini diikuti beberapa pelari tingkat nasional asal Sumut, maupun tingkat daerah binaan Persatuan Atlet Seluruh Indonesia (PASI) Provinsi Sumatera Utara dan masyarakat umum lainnya berasal dari berbagai daerah seperti Banda Aceh dan Jakarta.

“BMPD MedanRun 2024 diikuti pelari atlet nasional asal Sumut binaan PASI Sumut berkisar 10 orang untuk 5K dan 10K,” terang Andrianta Tarigan.Andrianta, jumlah peserta umum 2500 dan Forkopimda Sumut dan tamu undangan sekitar 500 peserta. “Jadi total pesertanya 3000 orang, dan memenuhi target kita,” tuturnya.

Terpisah, Nina Lu, 45peserta dengan nomor dada F-11005 keluar sebagai pemenang pertama (1) katagori master 10K.

Menurut Nina, kegiatan MedanRun 2024 ini merupakan ajang pencarian bakat bibit pelari di Sumut yang dapat berbicara ditingkat Daerah, Nasional maupun Internasional.

“Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah ini, sehingga saya menjadi juara pertama (1). Rasanya terbayar rasa lelah berlatih selama ini. Dan harapannya, kegiatan seperti ini terus berlanjut setiap tahunnya,” tuturnya.

Diantara peserta, ada mantan Wagub Sumut Musa Rajekshah yang ikut dalam BMPDRun 2024.

Usai mencapai finish, Ijeck mengapresiasi gelaran BMPD Medan Run yang penuh antusias, khususnya anak-anak muda yang semakin sadar dengan olahraga dan kesehatan.

“Ini seru karena rame, biasakan kita lari sendiri-sendiri jadi ini lebih semangat, apalagi pesertanya banyak anak muda. Tadi saya finish 5K dengan waktu sekitar 34 menit,” katanya. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *