Perbankan Syariah Sumut Salurkan Pembiayaan Rp16,60 Triliun

  • Bagikan

BERASTAGI (Berita): Perbankan syariah di Sumatera Utara sampai Oktober 2023 menyalurkan pembiayaan Rp16,60 triliun, mengalami pertumbuhan 11,59 persen yoy.

“Pembiayaan yang disalurkan oleh bank umum syariah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan,” kata Anton Purba, Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) II Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sumatera Utara di hotel Mikie Holiday Berastagi Jumat (8/12).

Anton berbicara pada media gathering yang digelar OJK Provinsi Sumatera Utara selama dua hari (7-8 Desember 2023) diikuti wartawan ekonomi dan bisnis Medan.

Anton menyebut perkembangan perbankan syariah memberikan dampak terhadap perekonomian Sumatera Utara dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam sistem Keuangan dan meningkatkan akses keuangan bagi masyarakat yang sebelumnya tidak terjangkau oleh perbankan konvensional.

“Perbankan syariah di Sumatera Utara terdiri dari 7 bank umum syariah dan 8 unit usaha syariah terus menunjukkan peningkatan yang bai,” katanya.

Pada Oktober 2023, terpantau aset bank syariah di Sumatera Utara mencapai Rp22,83 triliun dengan pertumbuhan sebesar 12,54 persen secara yoy.

Menurut Anton, nominal tersebut mewakili 6,70 persen dari total aset bank umum di Sumatera Utara, meningkat dibanding akhir tahun 2022, yaitu sebesar 6,43 persen.

“Peningkatan nilai aset ini mencerminkan tingginya minat masyarakat terhadap layanan perbankan syariah di Sumatera Utara,” kata Anton.

Dana Pihak Ketiga (DPK) yang terkumpul di bank syariah juga mengalami peningkatan. Per Maret 2023, total DPK di bank syariah mencapai Rp18,81 triliun, bertumbuh sebesar 3,20 persen dari tahun sebelumnya.

Beberapa rasio indikator kinerja juga menunjukkan pertumbuhan perbankan syariah di Sumatera Utara. Rasio pembiayaan (NPF) tercatat sebesar 4,62 persen.

Sementara itu, fungsi intermediasi perbankan syariah juga menunjukkan perkembangan yang baik, terlihat dari financing to deposit ratio (FDR) yang tercatat sebesar 78,58 persen. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *