PGN Siap Layani Gas Bumi di KITIC dan Kawasan Industri GIIC Deltamas

  • Bagikan

MEDAN (Berita) : Sebagai Subholding Gas dan bagian dari Holding Migas PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) optimis untuk memperluas pemanfaatan gas bumi di sektor industri di berbagai wilayah.

Sekretaris Perusahaan Rachmat Hutama dalam siaran persnya diterima Selasa (2/2/2021) mengatakan PGN pada hari Senin (1/2/2021) telah melaksanakan penyaluran gas perdana (gas in) ke pipa induk dengan volume gas sekitar 3 MMSCFD di Kawasan Industri Terpadu Indonesia China (KITIC) dan Kawasan Industri GIIC Deltamas, Bekasi Jawa Barat.

Rachmat mengungkapkan bahwa lingkup infrastruktur pipa gas PGN melintas di KITIC dan GIIC Deltamas, di mana dua kawasan industri tersebut berdampingan.

Dengan diselesaikan pengembangan infrastruktur gas ini, menjadi tanda bahwa dari sisi infrastruktur dan pasokan PGN sudah siap untuk mengalirkan gas ke pelanggan-pelanggan industri di kawasan tersebut.

“Secara fisik, infrastruktur gas untuk KITIC dan GIIC Deltamas sudah selesai pada bulan Januari, proses penyelesaiannya lebih cepat dari target. Kalau target awalnya, minggu ke-tiga bulan Februari.

Kualitas input gas yang mengalir sudah sesuai dengan standar PGN dan bersumber dari gas SSWJ,” jelas Rachmat.

Mengenai industri yang akan menyerap gas PGN, saat ini masih menunggu kesiapan calon pelanggan dan terus dikoordinasikan oleh Tim Sales.

Potensi calon pelanggan berada di GIIC Deltamas sebanyak 6 industri dengan penyerapan gas bumi nantinya sekitar 0,08 BBTUD dan diharapkan bisa segera meningkatkan untuk pemanfaatan gas bumi yang lebih optimal.

Adapun jaringan pipa distribusi yang telah terpasang sepanjang 1,7 KM.

KITIC dan Kawasan Industri GIIC Deltamas termasuk di wilayah pengelolaan gas bumi PGN Area Bekasi yang kini telah melayani lebih dari 240 pelanggan industri dan komersial.

Pengembangan infrastruktur gas bumi di KITIC dan GIIC Deltamas diharapkan dapat meningkatkan penyerapan gas bumi oleh calon pelanggan potensial di kawasan industri tersebut dan menumbuhkan pasar serta pelanggan baru PGN di area Bekasi.

“Kami optimis dengan strategi pengembangan yang tepat, pengembangan jaringan pipa ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap keuangan perusahaan serta dapat medukung pengembangan produk pada kelompok pelanggan sektor komersial industri,” imbuh Rachmat.

PGN berkomitmen mendukung program pemerintah dalam rangka mencapai bauran energi, khususnya melalui gas bumi.

Dengan energi yang efisien, aman, dan ramah lingkungan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan pelaku usaha di kawasan industri dan sekitarnya.

Apalagi di masa pemulihan ekonomi akibat pandemi, PGN berharap dapat mendongkrak daya saing industri.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak atas dukungannya PGN dapat berkesempatan untuk mengembangkan infrastruktur gas bumi di kawasan KITIC dan GIIC Deltamas.

Semoga pemakaian gas bumi sebagai energi yang efisien dan ramah lingkungan dapat mendorong kemajuan industri dan memberikan dampak positif bagi masyarakat,” tutup Rachmat. (Wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *