Rupiah Melemah Dekati 15.700/Dolar AS, IHSG Ditutup Menguat Tipis

  • Bagikan

MEDAN (Berita): Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat tipis 0,11 persen di level 7.504,14. Rupiah ditutup melemah di level 15.675 per dolar AS

“Kinerja IHSG terpantau sulit untuk menguat selama sesi perdagangan hari ini,” kata Gunawan Benjamin, pengamat ekonomi Sumatera Utara Senin (7/10/2024).

Menurutnya, capaian tertinggi IHSG berada di level 7.540, namun kinerja IHSG justru berbalik arah jelang sesi penutupan perdagangan. Kinerja IHSG pada perdagangan hari ini tidak sebaik kinerja mayoritas bursa di Asia pada umumnya.

Sejumlah meiten saham berkapitalisasi besar yang ditutup melemah turut memicu pelemahan IHSG pada hari ini. Salah satu emiten yang kinerjanya mirip dnegan IHSG selama sesi perdagangan adalah BBRI. Dimana BBRI sempat menguat seirama dengan IHSG. Dan aksi jual BBRi di level 4.930 juga diikuti dengan IHSG yang berbalik arah.

Kinerja mata uang rupiah yang mengalami tekanan menjadi pemicu sulitnya iHSG menguat pada sesi perdagangan hari ini. Rupiah pada perdagangan hari ini ditutup melemah di level 15.675 per dolar AS.

“Kinerja Rupiah masih mencatatkan sebagai mata uang yang terburuk kinerjanya di Asia pada hari ini. Dimana dolar AS justru terpantau mengalami pelemahan terhadap banyak mata uang di Asia,” jelas Gunawan.

Kinerja pasar keuangan di tanah air pada hari ini tidak mencerminkan kinerja pasar keuangan di Asia secara keseluruhan. Sementara itu, harga emas di transaksikan menguat tipis dikisaran level $2.652 per ons troy nya. Atau naik sekitar 1,34 juta per gram. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *