Selama 365 Hari BSI Maslahat Tetap Bersama Palestina, Salurkan Bantuan Rp15,6 Miliar

  • Bagikan
Berita Sore/ist BSI Maslahat bersama dengan mitra penyalur bantuan Al-Khair Foundation (AKF) telah menyalurkan bantuan kemanusiaan sebanyak enam tahap untuk rakyat Palestina.

JAKARTA (Berita): BSI Maslahat terus berupaya untuk membersamai Palestina selama setahun genosida yang menerpa mereka.

Siaran pers yang diterima dari BSI di Jakarta Kamis (10/10/2024) menyebut BSI Maslahat bersama dengan mitra penyalur bantuan Al-Khair Foundation (AKF) telah menyalurkan bantuan kemanusiaan sebanyak 6 tahap untuk rakyat Palestina dengan total bantuan dalam periode November 2023 – September 2024 senilai Rp15,6 miliar.

Serangan brutal pasukan zionis Israel telah menewaskan hampir 41.870 jiwa yang sebagian besarnya adalah wanita dan anak-anak, hampir 97.100 luka-luka, dan lebih dari 10.000 orang dilaporkan hilang di bawah reruntuhan. Setahun berlalu sudah, penyerbuan Israel yang mengakibatkan genosida Palestina di Jalur Gaza, Tepi Barat dan Yerusalem merupakan paling destruktif di abad ke-21.

BSI Maslahat mengirimkan bantuan kemanusiaan yang terkumpul dari para donatur baik itu pegawai dan juga nasabah BSI dan merupakan amanah yang harus kami sampaikan kepada Rakyat Palestina.

Pada penyaluran tahap 1 pada 11 November 2023, bantuan disalurkan senilai Rp1 milliar dalam bentuk 1.500 makanan siap saji, paket makanan hangat dan selimut untuk rakyat Palestina. Total penerima manfaat pada bantuan tahap 1 sebanyak 13.234 orang.

Penyaluran tahap 2 pada 28 November 2023 melalui BAZNAS RI jumlah penyaluran bantuannya senilai Rp1,32 milliar yang disalurkan dalam bentuk Hygiene Kit, Perlengkapan Musim Dingin, Makanan, Kruk Lengan, Perlengkapan Medis, Selimut, Air Mineral, Pakaian, Sleeping Bag dan Box Container.

Penyaluran tahap 3 pada 8 Januari 2024 yang dikirimkan melalui AKF, bantuan diberikan senilai Rp2,1 milliar dengan total 1,06 juta penerima manfaat untuk rakyat Palestina. Bantaun disalurkan berupa bantuan untuk Musim Dingin, Makanan Siap Saji dan Makanan Hangat.

Penyaluran tahap 4 pada 18 Maret 2024, jumlah bantuan yang disalurkan adalah sebesar Rp4,3 miliar. Bantuan akan disalurkan dalam bentuk paket sembako dan tepung gandum, paket Makanan Hangat Gaza Utara dan Gaza Selatan, Parsel Makanan, Paket Iftar, Paket Hygiene, dan penyediaan Toilet Umum.

Penyaluran tahap 5 pada 28 September 2024 bertepatan dengan momentum Qurban. Total bantuan yang diberikan senilai Rp3,61 miliar yang disalurkan dalam bentuk daging potong dari 202 ekor sapi yang penyembelihannya dilakukan di Afrika Selatan. Kemudian akan dikemas menjadi daging dalam kemasan (daging kaleng) sebanyak 55.150 kaleng dengan total penerimaan manfaat sebanyak 11.030 keluarga.

Penyaluran bantuan tahap 6 pada 29 September 2024, bantuan disalurkan sebanyak Rp2,12 milliar. Bantuan penyaluran tahap 6 ini berupa: Paket Sembako, Paket Makan, Paket Biaya Berobat, Paket Air bersih, paket layanan mobil klinik, dan juga paket uang tunai.

Bantuan tahap 6 ini dibagi dua skema, pertama yaitu bantuan langsung kepada pengungsi Palestina yang berada di Yordania. Bantuan ini disampaikan langsung oleh tim ekspedisi Kemanusiaan BSI Maslahat dan juga donatur prioritas BSI Maslahat. Kedua adalah bantuan melalui mitra penyalur yg di tunjuk BSI Maslahat yaitu Al-Khair Foundation untuk warga Gaza Palestina.

Selama 365 hari sudah terjadi menimpa rakyat Palestina terutama wilayah Gaza yang mengakibatkan krisis kemanusiaan serius. Sandang, pangan dan papan menjadi hal yang langka bagi mereka. Selain itu isu keamanan dan akses penyaluran bantuan ke Palestina yang sulit menjadi tantangan tersendiri.

Muhammad Sobirin, Direktur Education & Empowerment BSI Maslahat, mengatakan “Pada penyaluran tahap 6 ini adalah sejarah baru bagi BSI Maslahat. Menjelang peringatan satu tahun tragedi 7 Oktober, kami hadir untuk meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Palestina,” jelasnya.

Direktur Al-Khair Indonesia, Rizqi Dwi Putra menyampaikan penyaluran ini merupakan jumlah yang sangat besar dan menjadi amanah yang berat. “Karena kondisi lapangan untuk penyaluran tidak mudah,” kata Rizqi.

Mari kita dukung terus misi kemanusiaan ini dengan berdonasi melalui BSI Mobile atau rekening BSI 718 002 8007 an BSI Maslahat. Setiap tetes kebaikanmu akan menjadi berkah bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan di Palestina.

Mari terus kuatkan saudara kita di Palestina dengan berdonasi melalui digital link berikut donasi Peduli Palestina https://bsim.page.link/donasi-palestina-bsi-maslahat.

BSI Maslahat adalah lembaga Amil Zakat dan Nadzir Nasional mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang terdepan dalam mengelola zakat dan turut menguatkan ekosistem ekonomi syariah. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *