JAKARTA (Berita): Kedutaan Besar RI di London bekerja sama dengan Bank Mandiri, BNI, dan Bank Indonesia akan menggelar acara “Experience Indonesia” selama tiga hari berturut-turut pada 6-8 November 2022 di London, Inggris.
Mengambil tema “Discover Invaluable Stories”, Experience Indonesia akan menjadi ajang kumpul masyarakat, diaspora, pelajar Indonesia dan Inggris serta wisatawan mancanegara untuk merasakan langsung pengalaman unik khas Indonesia lewat pertunjukan seni budaya, promosi pariwisata, komoditas strategis, kuliner dan ekonomi kreatif tanah air, kata KBRI London dalam keterangannya pada Senin (24/10/2022).
“Experience Indonesia adalah kesempatan baik untuk putting Indonesia on the map, agar Indonesia semakin dikenal dan dicintai rakyat Inggris. Karena di tingkat pemerintah, sesungguhnya hubungan kedua negara sudah sangat baik dan kokoh,” kata Duta Besar RI untuk Inggris Desra Percaya.
“Kalau kita saling mengenal satu sama lain dengan baik, sudah tentu terbentuk saling percaya. Dari rasa saling percaya, persahabatan semakin erat, sehingga terbuka jalan yang lebar untuk peluang kerja sama konkret di berbagai bidang,” ujar Desra.
Dubes Desra menekankan bahwa momentum relaksasi di Inggris pascapandemi perlu dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, karena publik Inggris sudah jenuh dan ingin merasakan pengalaman baru setelah bertahun-tahun di rumah saja. “Indonesia adalah salah satu opsi yang paling menarik buat mereka,” katanya.
Menurut keterangan KBRI London, acara Experience Indonesia akan menampilkan sejumlah talenta berbakat Indonesia, seperti Dewi Gita, Lea Simanjuntak, Paguyuban Citra serta Banyuwangi Heritage. Selain itu, merek busana terkemuka Indonesia seperti Alleira Batik dan Wearing Klamby juga akan berpartisipasi.
Rangkaian kegiatan “Experience Indonesia” akan diawali dengan Indonesian Day pada 6 November dan bertemakan pasar rakyat untuk menampilkan UMKM, makanan jajanan, mode, tampilan seni budaya dan pariwisata Indonesia.
Pada 7 November, akan diadakan kegiatan “Indonesian Workshop: Discover Batik” di mana publik Inggris dapat belajar dan menjajal langsung teknik membatik.
Selain lokakarya membatik, pada November juga akan digelar kegiatan Indonesian Coffee Day secara paralel. Kegiatan itu akan mempertemukan para pelaku industri kopi untuk mempromosikan kopi spesial Indonesia, yang juga mengedepankan aspek keberlanjutan serta pemberdayaan perempuan dan UMKM.
Puncak kegiatan Experience Indonesia pada 8 November dimeriahkan dengan kegiatan “Indonesian Night”, yakni pagelaran seni budaya Indonesia hasil kolaborasi para seniman tanah air serta peragaan busana batik karya sejumlah UMKM binaan Bank Indonesia. (ant)