Drum Band Nur Adia Juara Umum Tingkat Internasional Di Ajang MIYMBC 2024

  • Bagikan
Berita Sore/ist Kolase foto penampilan tim DBNA Deliserdang saat tampil di MIYMBC 2024 di Selangor, Malaysia dan meraih beberapa kategori juara.

MEDAN (Berita): Tim Drum Band Yayasan Pendidikan Nur Adia Deliserdang, Sumatera Utara, Indonesia (DBNA Wow) menyabet juara umum di ajang Malaysia International Youth Marching Band Competition (MIYMBC) 2024.

Kompetisi bertema “Feel the Beat, Live the Passion!” itu digelar pada 17 – 18 Agustus 2024 di KSL Esplanade Mall, Klang, Selangor, Malaysia.

Tim DBNA beranggotakan 36 orang ini tampil solid unjuk kebolehan dalam berkompetisi dengan tim peserta dari negara tuan rumah, Malaysia, dan juga negara lainnya, Thailand. Usaha tak menghianati hasil. Berkat latihan dan penampilan terbaiknya, Tim DBNA pun berhasil merebut predikat bergengsi itu serta memboyong pulang trophy, sertifikat, serta uang pembinaan.

Seharusnya ada lima negara yang meramaikan ajang tersebut. Namun, Singapura dan Vietnam tidak mendapatkan kuota lantaran ‘diborong’ Indonesia, yakni tim DBNA sehingga kedua negara tersebut tidak jadi ikut kompetisi ini walau terdaftar.

Ketua Yayasan Pembinaan pengembangan dan Pelatihan Seni Drum Band Nur Adia, Drs Adi Sucipto M.Ag mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi ditorehkan tim DBNA.

“Alhamdulillah, tim Drum Band Nur Adia yang mengikuti event MIYMBC 2024 di Selangor, Malaysia mampu meraih juara umum,” ucap Adi Sucipto, Rabu (4/9/2024).

Adi Sucipto didampingi Wakil Ketua Yayasan Hajani S.Ag menuturkan, masing-masing negara seperti Malaysia dan Thailand mengirimkan 10 peserta untuk berhelat di ajang itu. Sedangkan tim DBNA dari Indonesia membawa 36 peserta.

“Kita peserta terbanyak, sementara itu di event MIYMBC ini ada beberapa kelompok lomba. Negara lain mengirimkan 10 peserta, kita membawa 36 peserta. Mereka mengikuti satu atau dua kelompok lomba saja, sedangkan kita hampir semua kelompok lomba ikut. Makanya jumlah peserta kita paling banyak,” paparnya.

Diakuinya, drum band adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang banyak diminati para siswa untuk mengembangkan minat dan bakat sekaligus mendulang prestasi.

Saat mengikuti kompetisi MIYMBC 2024 ini, tim DBNA memperkuat penampilannya dengan persiapan latihan selama sebulan penuh. Para anggota drum band itu dilatih Choir Nasution, sebagai pelatih utama bersama Khoirul Adha, Adryan, dan Fahrizal
(pelatih Colourguard), Aditya Purwanto (pelatih Battery). Tak ketinggalan juga peran dari Nur Adia (manager), serta Rasyid (dokumentasi).

Kategori yang diperlombakan dan diikuti tim DBNA antara lain Solo Guard, Duet Guard, Soundsport, Mall Parade, Drumline Battle, Colourguard Ensemble. Dari beberapa kategori itu, tim DBNA pun memborong juara sehingga memeroleh predikat Juara Umum 1 Divisi Youth dengan merebut Juara 1 Soundsport, Juara 1 Drumline Battle Team A, Juara 2 Drumline Battle Team B, dan Juara 2 Contes Colourguard Ensemble.

Salah seorang anggota DBNA, Dyo Trizky Febrian Syahputra mengaku sangat senang, haru, dan bersyukur timnya bisa meraih juara tingkat internasional di Malaysia.

“Senang dan bangga rasanya kami bisa meraih juara setelah bersaing dengan berbagai negara di kancah internasional,” ujar Dyo, alumnus SMP Nur Adia ini.

Pelajar yang kini pelajar SMA Sultan Iskandar Muda Medan bersama beberapa temannya sesama alumnus SMP Nur Adia ikut bergabung di tim drum band tersebut sebagai alumni DBNA Wow.

DBNA Wow ini merupakan club drum band yang berada di dalam lingkup Yayasan Pembinaan Pengembangan dan Pelatihan Seni Drum Band Nur Adia. Sehingga, walau siswa telah lulus dari sekolah itu, masih dapat menjadi anggota club ini.

Kesempatan itu dimanfaatkan Dyo yang mengaku menyukai musik. Bersama beberapa kawannya, Dyo mendapat izin dari sekolah mereka masing-masing untuk ikut bertanding membela tim DBNA Wow. (aje)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *