Gojek Berikan Beasiswa kepada Anak Mitra Driver

  • Bagikan
Kiri bawah Dian Lumban Toruan Head of Regional Corporate Affairs Gojek Regional Sumbagut (Aceh Sumut Sumbar Riau) dan kiri atas mahasiswa Politeknik Negeri Medan jurusan D3 Teknik Sipil, Greacea Elizabeth Zai bersama ibunya Samaria Zebua (seorang mitra driver Gojek) pada pertemuan melalui zoom dengan wartawan, Jumat (2/10). Beritasore/ist
Kiri bawah Dian Lumban Toruan Head of Regional Corporate Affairs Gojek Regional Sumbagut (Aceh Sumut Sumbar Riau) dan kiri atas mahasiswa Politeknik Negeri Medan jurusan D3 Teknik Sipil, Greacea Elizabeth Zai bersama ibunya Samaria Zebua (seorang mitra driver Gojek) pada pertemuan melalui zoom dengan wartawan, Jumat (2/10). Beritasore/ist

MEDAN (Berita): Menyambut tahun ajaran baru perkuliahan sekaligus bertepatan dengan hari jadi ke-10 tahun, Gojek memberikan beasiswa kepada 10 putra/putri mitra driver berprestasi, yang mencakup biaya pendidikan selama enam semester pada jenjang diploma tiga (D3) di politeknik-politeknik negeri unggulan di Indonesia, termasuk di Sumatera Utara (Sumut).

Pemberian beasiswa itu sekaitan dengan menyambut tahun ajaran baru perkuliahan sekaligus bertepatan dengan hari jadi ke-10 tahun Gojek.

VP Regional Operations Gojek, Gede Manggala mengungkapkan, beasiswa tersebut merupakan bentuk apresiasi dari pihaknya kepada mitra driver yang telah menunjukkan dedikasi, loyalitas, dan kejujuran selama 10 tahun Gojek mengaspal.

Pemberian beasiswa itu sekaligus merupakan bagian dari program Gojek Swadaya yang ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga mitra driver.

Pemberian beasiswa ini juga berangkat dari aspirasi mitra driver yang ingin memperoleh pendidikan tinggi bagi diri sendiri ataupun anak mereka, serta dapat segera bekerja di bidang yang diminati, namun terhalang keterbatasan ekonomi.

“Oleh karena itu, kami memilih beasiswa jenjang D3 Politeknik yang berorientasi kepada praktik kerja, dengan harapan para penerima beasiswa dapat segera terserap sebagai tenaga kerja yang berkualitas dan tepat guna,” jelasnya pada pertemuan melalui zoom dengan wartawan, Jumat (2/10).

Ia mengatakan, meski baru diadakan pertama kali untuk jenjang pendidikan tinggi, program beasiswa itu mengundang antusiasme tinggi dari mitra driver sejak awal diumumkan di awal Maret 2020. Hal itu terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai lebih dari 5.000 orang.

“Setelah proses pendaftaran, baik mitra driver maupun putra/putrinya harus melewati seleksi ketat yang dilakukan internal Gojek sebelum kemudian dilanjutkan ke seleksi politeknik, hingga akhirnya terpilih 10 putra/putri berprestasi terbaik untuk tahun ajaran 2020/2023,” tandasnya.

Wakil Direktur IV Bidang Kerjasama Politeknik Negeri Medan (Polmed), Ing Heru Pranoto menyampaikan antusiasmenya terhadap program tersebut.

“Menurut kami, hal ini merupakan langkah yang strategis karena fokus politeknik adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan yang lengkap, bukan hanya teori tetapi praktek lebih dominan.

Sehingga tenaga kerja lulusan politeknik dikenal cepat diserap oleh industri. Kami menyambut baik kerja sama dengan Gojek ini sebagai usaha bersama dalam mendorong peningkatan SDM Indonesia yang berkualitas dengan bermodalkan pendidikan Politeknik,“ katanya.

Program Beasiswa

Pada program beasiswa itu, Gojek bekerja sama dengan politeknik unggulan di masing-masing kota besar di Indonesia yang telah terbukti mampu menghasilkan SDM yang berkualitas dan tepat guna.

Diantaranya Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Negeri Medan, Politeknik Negeri Semarang , Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan Politeknik Negeri Ujungpandang.

Sementara, salah satu penerima Beasiswa Gojek yang berhasil diterima sebagai mahasiswa Politeknik Negeri Medan jurusan D3 Teknik Sipil, Greacea Elizabeth Zai menuturkan, ia ingin bersekolah lebih tinggi untuk membantu memperbaiki kondisi keuangan keluarga namun sempat merasa pesimis mengingat biaya kuliah yang tinggi.

“Meskipun begitu saya terus menyimpan keinginan berkuliah karena mama selalu memberi semangat untuk tetap optimis dalam mencapai cita-cita. Waktu saya dengar dari mama ada program Beasiswa Gojek, saya belajar sungguh-sungguh agar lulus seleksi beasiswa dan SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri).

Saya sangat senang ketika diberi kabar bahwa lulus program beasiswanya. Saya sangat bersyukur kepada Tuhan, melalui program Beasiswa Gojek, saya bisa berkuliah dan berkat ini tidak akan saya sia-siakan,” ungkapnya.

Ibu Greacea, Samaria Zebua yang merupakan salah satu mitra driver GoRide di Medan mengungkapkan kebahagiaannya saat mengetahui putrinya lulus SBMPN dan mendapatkan beasiswa Gojek.

“Tidak menyangka anak saya lolos program beasiswa Gojek. Benar-benar sangat terbantu dengan program ini. Harapan untuk Grace, semoga dia bisa berikan sumbangsihnya ke Gojek supaya lebih maju lagi, membalas kebaikan Gojek yang sudah menyekolahkannya ke politeknik. Harapan saya untuk Gojek, semoga dalam memasuki usia ke-10 tahun ini, Gojek dapat terus maju, dan agar program beasiswa ini dapat terus berlanjut, “ tuturnya. (Wie)

 

 

Berikan Komentar
  • Bagikan