Kapal Besar Sudah Bisa Sandar Di Pelabuhan Sibolga

  • Bagikan
General Manager Pelindo 1 Cabang Sibolga Suhari. Beritasore/Ist
General Manager Pelindo 1 Cabang Sibolga Suhari. Beritasore/Ist

BELAWAN (Berita): Pelabuhan Sibolga merupakan salah satu pelabuhan yang berada di pantai barat Sumatera,  saat ini sudah bisa disandari kapal-kapal berukuran besar.

Bahkan pada Rabu (1/7),  KM.Maximus 999 dengan draft 6,6 meter Loa 108 merer draft 6,6 meter dan bermuatan semen sebanyak 5.700 ton.

Sejak  Presiden Joko Widodo memberi perhatian serius terhadap Pelabuhan Sibolga mulai dari perencanaan hingga peresmian beberapa waktu lalu, aktivitas di Terminal Penumpang dan dermaga baru semakin menggeliat.

General Manager Pelindo 1 Cabang Sibolga Suhari menyebutkan, Pelabuhan Sibolga terus melakukan perbaikan mulai dari kinerja operasional dan fasilitas sehingga memberikan dampak positif bagi perkembangan pelabuhan termasuk memperlancar kegiatan Kapal KM. MAXIMUS 999  yang sandar setelah kegiatan B/M kapal petikemas KM. Tanto Sehat.

“Bersandarnya kapal-kapal yang berukuran besar di pelabuhan ini merupakan salah satu kepercayaan stake holder serta pengguna jasa kepada Pelindo 1.

Pelindo 1 menghandel arus bongkar muat barang maupun arus penumpang yang pada akhirnya dapat membuka peluang pasar, serta membangun perekonomian,” jelas Suhari didampingi menejer Bisnis dan Teknik Subiyanto Rabu (1/7) di Pelabuhan Belawan, Medan.

Dijelaskan Suhari,  menurut manifest kapal, Agen Pelayaran PT. Pelni , bendera Indonesia, GT, 3.645,  jenis semen Bag, @, 50 kg , merek Merah putih sejumlah, 5.700, MT dan bertolak dari Pelabuhan Bayah, Banten dengan pengirim, PT, Cemindo Gemilang Jakarta sedangkan  sebagai penerima PT, Cemindo Gemilang Perwakilan Sibolga .

Selain itu, tambah Suhari, pihaknya, sesuai arahan kebijakan dari Direksi 1 terkait pelayanan kepsds masyarakat umum, juga harus bersinergi dengan Pemko Sibolga , yang selama ini sangat positif dalam mendukung kegiatan dan keberadaan Pelabuhan Pelindo I   di Sibolga.

Suhari mengharapkan ke depan para stake holder dan pengguna jasa lainnya dapat memanfaatkan Pelabuhan Sibolga secara bersama apalagi fasilitas Pelabuhan Sibolga  kini memiliki Dermaga Multipurpose 153,5 m X 30,5 m Dermaga sisi dalam 46 m dan 96m.

Ada juga fasilitas dermaga ferry/Roro, dolpin ferry, terminal penumpang, lapangan penumpukan peti kemas, gudang,1 unit Fixcrane Kap. 35 ton, dan KSO 1 unit Reach Steacker dan 6 unit Trailer Petikemas. (att)

 

 

Berikan Komentar
  • Bagikan