Kapoldasu Tunjukkan Teladan Yang Baik Dalam Menyikapi Bencana

  • Bagikan
Kapoldasu Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, MSi saat menyerahkan bantuan secara simbolis terhadap korban bencana di Provinsi Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan. Beritasore/ist
Kapoldasu Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, MSi saat menyerahkan bantuan secara simbolis terhadap korban bencana di Provinsi Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan. Beritasore/ist

MEDAN (Berita): Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol. Drs Martuani Sormin, MSi telah menunjukkan teladan yang baik dalam menyikapi bencana.

Karena bencana yang terjadi di manapun di belahan bumi Indonesia merupakan keprihatinan bersama. Karena itu menjadi tanggung jawab bersama untuk meringankan beban para korban bencana.

Hal itu dikatakan Dr Dedi Sahputra, MA dosen Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Medan Area (UMA), Senin (25/1) menanggapi aksi yang dilakukan Kapoldasu memberikan bantuan kepada para korban bencana di Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Hal seperti ini adalah teladan yang baik. Karena terkait hal bencana yang memakan korban jiwa dan luka serta kehilangan harta benda, kita jangan disekat-sekat dalam hal pemikiran dan kewenangan.

Karena semua pihak bertanggungjawab ikut meringatnkan beban saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana,” ujar Dr Dedi yang juga pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat ini.

Dengan disalurkannya bantuan dari Kapoldasu, menunjukkan rasa empati yang tinggi dari penanggungjawab Kamtibamas di Sumatera Utara ini terhadap warga bangsa Indonesia di belahan provinsi lain yang tertimpa bencana.

“Hendaknya seperti ini jugalah kiranya semua pihak dalam merespons bencana yang terjadi. Jangan sampai karena menganggap bahwa bencana yang terjadi bukan di wilayah kita, lantas kita tidak peduli atau acuh tak acuh,” sebutnya.

Teladan yang ditunjukkan Kapoldasu ini, sambungnya, hendaknya dicontoh pihak-pihak yang memiliki kelapangan dan juga kepedulian terhadap para korban bencana yang terjadi.

Dengan begitu maka makna kebersamaan dalam ikatan warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akan menemukan momentumnya.

“Ini merupakan langkah positif dari Kapoldasu dalam merespons bencana yang terjadi di luar provinsi Sumatera Utara. Kita berharap para elit dan para pejabat dapat mencontoh apa yang dilakukan Kapoldasu ini,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Kapoldasu beserta Ketua Bhayangkari Daerah Sumut menyerahkan bantuan kemanusiaan secara simbolis untuk masyarakat terdampak bencana alam di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan bertempat di kediaman Kapolda Sumut. Kamis (21/01/21)

Bantuan kemanusiaan ini diberikan langsung oleh Kapoldasu Irjen Pol. Drs Martuani Sormin MSi dan Ketua Bhayangkari Daerah Sumut Ny. Risma Martuani kepada perwakilan yaitu Kabid Humas Polda Sumut dan Kabid KeuPolda Sumut yang akan didistribusikan langsung ke dua lokasi yang terdampak bencana alam.

Dalam kesempatan ini hadir mendampingi Kapolda Sumut dalam yaitu Irwasda Polda Sumut dan PJU Polda Sumut.

Adapun bantuan kemanusiaan yang diberikan berupa Sembako yaitu beras, gula, minyak, mie instan, Telur, kopi dan teh, Selain itu, bantuan yang diserahkan juga perlengkapan bayi seperti susu bayi, pempers, biskuit bayi, pakaian bayi serta obat-obatan dan kebutuhan lainnya seperti selimut, tenda dan tikar.

Dalam kesempatan ini Kapoldasu mengatakan pemberian bantuan Sembako ini sebagai bentuk kepedulain institusi Polri Khususnya Polda Sumut kepada saudara-saudara yang terkena musibah gempa bumi dan banjir di wilayah Provinsi Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

“Harapannya apa yang diberikan oleh Poldasu dapat bermanfaat serta meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musibah sampai situasi kembali kondusif seperti sedia kala,” ucap Kapoldasu. ( DD)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *