Konsulat Jenderal India Di Medan Rayakan Gandhi Jayanti 2024

  • Bagikan
Konsul Jenderal India di Medan Ravi Shanker Goel dan Parlindungan Purba, Ketua Universitas Sari Mutiara berjabat tangan usai mengalungkan bunga di patung Mahatma Gandhi yang terletak di halaman kampus Universitas Sari Mutiara Medan Rabu (2/10/2024). Berita Sore/laswie wakid

MEDAN (Berita): Konsulat Jenderal India di Medan merayakan Hari Lahir ke 155
Mahatma Gandhi, Bapak Bangsa India, di Universitas Sari Mutiara, Medan, Sumatera Utara Rabu (2/10/2024).

Gandhi Jayanti dirayakan oleh Konsulat Jenderal India di Medan bersama Universitas Sari Mutiara, komunitas India, dan teman-teman India.

Pada tahun 2019, pemerintah India menempatkan patung perunggu Mahatma Gandhi di Universitas Sari Mutiara, Medan untuk menginspirasi mahasiswa agar melayani dan menyebarkan pemikiran Mahatma Gandhi yang tidak hanya mempengaruhi rakyat India tetapi juga orang-orang di seluruh dunia.

Patung tersebut diresmikan oleh Yang Mulia Pradeep Kumar Rawat, Duta Besar India untuk
Indonesia dan Timor Leste saat itu, serta Parlindungan Purba, Ketua Yayasan Sari Mutiara Medan. Patung Gandhi Ji disediakan oleh Dewan Hubungan Budaya India yang memberikan beasiswa tahunan kepada mahasiswa berprestasi dari Indonesia.

Pada perayaan Gandhi Jayanti 2024, acara dimulai dengan penyerahan penghormatan bunga di patung Gandhi oleh Konsul Jenderal India di Medan Ravi Shanker Goel dan Parlindungan Purba, Ketua Yayasan Universitas Sari Mutiara. Lanjut sekira 50 orang, termasuk anggota komunitas India dan teman-teman India yang menghadiri acara tersebut ikut menabur bunga di patung Mahatma Gandhi tersebut.

Dalam sambutannya Ravi Shanker Goel, Konsul Jenderal India di Medan, menekankan ajaran Gandhi Ji yang terus menginspirasi dan membimbing umat manusia.

Parlindungan Purba, yang juga berbicara atas nama Universitas Sari Mutiara, mengucapkan terima kasih kepada Konsul Jenderal India di Medan Ravi Shanker Goel, atas kolaborasi yang berkelanjutan dengan Universitas Sari Mutiara dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa di bidang pendidikan dan budaya.

Setelah penghormatan Konsul Ravi Shanker Goel bertemu dengan lebih dari 500 mahasiswa Universitas Sari Mutiara untuk membicarakan peluang pendidikan di India. Konsulat juga memberikan sertifikat
kepada mahasiswa Universitas Sari Mutiara yang berpartisipasi dalam perayaan Hari Kemerdekaan di Konsulat pada 15 Agustus 2024.

Konsul Ravi menyampaikan apresiasi yang tulus kepada semua peserta, terutama Universitas Sari Mutiara atas dukungan berharga dan keterlibatan aktif dalam acara tersebut. Ia berharap ajaran Mahatma Gandhi akan terus memperkuat hubungan antara rakyat India dan Indonesia.

Kepada wartawan, Konsul Ravi menyebut pemikiran dan filosofi dari Mahatma Gandhi akan hidup selamanya, tidak terbatas pada sebuah wilayah saja tapi mendunia.

“Kami ingin membagikan pengalaman di India dengan teman – teman India kami. Oleh karena itu kami membagikan informasi mengenai beasiswa yang tersedia untuk menempuh pendidikan di India,” katanya.

Menurut Konsul, kedua negara India dan Indonesia adalah negara demokrasi. Kita percaya pada anti- kekerasan dan demokrasi adalah tanpa kekerasan dimana semua orang bisa menyuarakan pendapat mereka pada pemerintah tanpa menggunakan kekerasan.

“Jadi ini merupakan hal yang sangat penting untung kita semua terlepas kita orang India atau Indonesia untuk mengikuti jalan Ahimsa atau non-violence (tanpa kekerasan) dalam kehidupan kita sehari hari,” ungkapnya. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *