Menaker Apresiasi BBPLK Medan, Pionir Pengembangan Pelatihan Online

  • Bagikan
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah. BeritaSore/Ist
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah. BeritaSore/Ist

MEDAN (Berita): Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah memberikan apresiasi kepada BBPLK Medan sebagai pionir pengembangan pelatihan online di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan, dalam pidatonya pada acara halal bi halal Kementerian Ketenagakerjaan RI, Jum’at (29/5)

Menteri Ida mengatakan dalam menghadapi situasi pandemi covid-19, seluruh resources di Kementerian Ketenagakerjaan harus diarahkan untuk merespon kehidupan baru dengan tantangan yang sangat berbeda.

“Tantangan kita adalah kalau selama ini kita terbiasa dengan mengelola pelatihan di Balai Latihan Kerja kita secara offline, maka kita mesti mendesain bagaimana BLK kita mem-blended (menggabungkan pelatihan) offline dan online,” ujarnya.

Menteri Ida melanjutkan pidatonya dengan mengapresiasi BBPLK Medan sebagai pionir dalam pelatihan online di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan.

“Terimakasih kepada BBPLK Medan, di antara BLK yang ada, BBPLK Medan yang siap dengan melakukan pelatihan secara online,” sebut Menaker.

Hingga saat ini, BBPLK Medan telah melaksanakan pelatihan online pada sistem prakerja sebagai salah satu penyelia pelatihan di platoform digital sisnaker.

Tercatat sebanyak lebih dari 2500 pengguna kartu prakerja telah mengikuti berbagai program pelatihan online yang ditawarkan BBPLK Medan.

Selain itu, BBPLK Medan juga telah merintis pelatihan dengan metode hybrid learning yang merupakan penggabungan antara pelatihan online dan offline di Kota Yogyakarta, Kota Balikpapan, Kota Makassar, dan Kota Palu.

Direncanakan, metode pelatihan Hybrid Learning ini akan terus dikembangkan di berbagai daerah dan menjadi prioritas BBPLK Medan di masa mendatang dengan berbagai keunggulannya, antara lain: hemat anggaran, dapat dilakukan di manapun dan kapan pun, serta keterserapan industri yang lebih terjamin.(att)

Berikan Komentar
  • Bagikan