OJK Gelar UMKM Expo, Bangkitkan Ekonomi Sumut

  • Bagikan
Kepala OJK Regional 5 Sumbagut  Yusup Ansori melihat salah satu produk kerajinan UMKM di Center Point Medan Senin (15/11/2021). beritasore/ist
Kepala OJK Regional 5 Sumbagut  Yusup Ansori melihat salah satu produk kerajinan UMKM di Center Point Medan Senin (15/11/2021). beritasore/ist

MEDAN (Berita): Dalam rangka membangkitkan kembali perekonomian Sumatera Utara, khususnya di sektor UMKM, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan kegiatan UMKM Expo dan Pelatihan UMKM  di Atrium Utama Mall Center Point Medan selama 7 hari (15 – 21 November 2021). Kegiatan ini juga sebagian dilakukan secara virtual.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) di wilayah Sumatera Utara yang bertemakan “UMKM TOBA VAGANZA, Satu Dasawarsa OJK: UMKM Bangkit Ekonomi Tumbuh” yang telah diresmikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dan Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso di Hotel Niagara Parapat, Jumat (12/11).

Yusup Ansori, Kepala OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dalam sambutannya pada pembukaan UMKM Expo dan Pelatihan UMKM  di Atrium Utama Mall Center Point Medan Senin (15/11/2021) mengatakan bahwa OJK bersama dengan Industri Jasa Keuangan, Pemerintah Daerah, dan seluruh stakeholder terkait terus berupaya keras dalam mendorong pertumbuhan UMKM di Sumut agar kembali bangkit.

“Acara UMKM Expo dan Pelatihan UMKM di Kota Medan ini diisi oleh pameran lebih dari 40 produk UMKM binaan Bank Mandiri, BRI, BTN, BNI, Bank Sumut, dan Bank Mestika, serta Bank Wakaf Mikro, dan marketplace UMKM-MU OJK, meliputi produk kerajinan tangan, fashion, perdagangan hasil bumi, maupun kuliner khas Kota Medan dan Sumatera Utara,” ujarnya.

Yusup menambahkan bahwa selain pameran produk UMKM unggulan, pelaku UMKM juga akan mendapatkan pelatihan pengembangan usaha dengan 15 topik yang akan digelar secara intensif antara lain UMKM Go Digital, inkubasi bisnis dan manajemen product UMKM, pencatatan keuangan digital, akses pembiayaan UMKM Naik Kelas.

Kemudian UMKM Go-Export, akses keuangan syariah, branchless banking, mitigasi risiko bisnis UMKM, waspada investasi ilegal dan pinjaman online ilegal, hingga edukasi dan literasi keuangan.

Pelatihan ini akan diisi oleh berbagai narasumber dari OJK dan Perbankan seperti Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia, Askrindo, LPEI, BRI, Bank Sumut, Bank Mestika, PNM, UMKM-MU OJK serta startup keuangan yaitu Chatat.id.

Yusup mengimbau agar seluruh pimpinan dan karyawan/karyawati Industri Jasa Keuangan dan masyarakat Kota Medan dapat mendukung dan memeriahkan acara ini dengan berpartisipasi membeli produk-produk UMKM unggulan yang dihadirkan dalam pameran ini.

“Besar harapan kami acara ini dapat memberikan dukungan kepada pengembangan usaha pelaku UMKM, agar dapat membangkitkan kembali perekonomian demi mewujudkan Sumatera Utara yang Maju, Aman, dan Bermartabat.” tutup Yusup. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *