Terbesar Se-PTS Sumut, UMA Raih Hibah DRTPM Rp 3,1 Miliar

  • Bagikan
Rektor UMA Prof Dr Dadan Ramdan, M.Eng, M.Sc, Wakil Rektor Bidang Riset, Publikasi dan Kemitraan Dr Ir Rahmad Syah, M.Kom Asean, Eng, APEC, Eng bersama para dosen UMA penerima hibah DRTPM 2024 untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.beritasore/Ist

MEDAN (Berita): Universitas Medan Area (UMA) meraih dana hibah Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) tahun 2024 sebesar total Rp3,1 miliar.

Jumlah ini tercatat raihan terbesar jika dibandingkan raihan seluruh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera Utara.

Melalui Pusat Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Internasional (P3MPI) UMA menyelenggarakan penandatanganan kontrak penelitian dan pengabdian kepada masyarakat DRTPM tahun anggaran 2024 di Conference Hall H. Agus Salim Siregar Gedung Biro Rektor UMA, Jumat (26/7).

Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor UMA Prof Dr Dadan Ramdan, M.Eng, M.Sc, Wakil Rektor Bidang Riset, Publikasi dan Kemitraan Dr Ir Rahmad Syah, M.Kom Asean, Eng, APEC, Eng, Kepala Biro Publikasi, Jurnal Ilmiah dan Informasi Digital (BPJIID) Dr Hartono, S.Kom, M.Kom, Ka. P3MPI, Dr Sayuti Rahman, ST, M.Kom, serta seluruh peserta penandatanganan kontrak.

Rektor dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para pemenang dan juga berbagi pengalaman dalam memenangkan hibah DRTPM dan juga rektor berharap agar dosen terus semangat dalam meneliti dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang menghasilkan luaran.

Sementara Wakil Rektor bidang Riset, Publikasi dan Kemitraan, Dr Ir. Rahmad Syah, M.Kom Asean, Eng, APEC, Eng. “Alhamdulliah, Tahun ini kita berhasil mendapatkan perolehan hibah sebesar kurang lebih Rp3,1 miliar, dan ini merupakan pencapaian terbesar UMA dalam memperoleh pendanaan dari DRTPM Kemdikbud.

Kami juga ingin menyampaikan bahwa luaran dari DRTPM merupakan artikel di jurnal internasional terindeks scopus.

Saya berharap bapak/ibu dapat memberikan progress luaran ke kami, agar kami juga dapat membantu Bapak/Ibu dalam memberikan rekomendasi terhadap luaran yang ditargetkan,” ucapnya.

“Kami juga menghimbau bapak/ibu dapat mengisi catatan harian, laporan kemajuan dan laporan sesuai waktu yang telah ditentukan oleh DRTPM.

Akhir kata saya ucapkan Selamat kepada Bapak/Ibu yang terpilih menjadi Penerima Hibah DRTPM tahun 2024,” lanjutnya.

Dalam penyampaiannya, Dr Sayuti melaporkan jumlah proposal yang masuk dan proposal yang didanai.

“Dari total 86 Proposal Penelitian dan 21 Usulan PKM yang diusulkan, UMA memenangkan 31 Penelitian dan 7 PkM, dan juga Alhamdulillah juga telah menang satu lagi proposal PDB atas nama ibu Rosliana Lubis.

Pascasarjana memperoleh pendanaan terbanyak tahun ini. saya harap bapak/ibu dapat menyelesaikan penelitian dan PkMnya tepat waktu dan mencapai luaran yang dijanjikan,” ucapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak yang dilakukan masing-masing peneliti/pelaksana dengan Kepala P3MPI dan WR IV.(Ded)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *