USU Posisi 7 Versi Scimago

  • Bagikan
Rektor USU Dr. Muryanto Amin SSos, MSi
Rektor USU Dr. Muryanto Amin SSos, MSi

MEDAN ( Berita ) : Universitas Sumatera Utara (USU) menempati ranking 7 nasional dalam pemeringkatan ScimagoInstitutions Rankings (SIR) 2021, dan ranking 708 secara global.

Capaian tersebut merupakan hasil kinerja bidang riset dan inovasi USU pada tahun 2020.

Hasil ini menjadi penting perannya dalam memotivasi civitas akademika USU untuk meningkatkan kinerjanya,khususnya dalam bidang riset, inovasi dan societal.

Diharapkan pada penilaian Scimago mendatang USU dapat memperbaiki peringkatnya lebih baik lagi.

Hal tersebut dinyatakan Rektor USU Dr. Muryanto Amin SSos, MSi , menyikapi hasil yang didapatkan USU dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh Scimago Institutions Rankings,Kamis (29/4).

“USU menempati ranking 7 nasional, dan ranking 708 global pada tahun ini merupakan capaian  yang diperoleh USU dari hasil kinerja 2020.

Hasil ini menjadi sangat penting bagi USU untuk melihat keberadaan penilaian dari 3 kelompok indikator, yakni riset berupa jumlah jurnal dan sitasi yang dihasilkan.

Juga dari inovasi terkait jumlah paten dan sitasi paten serta societal (dokumen yang disebut di medsos).

Tahun ini,USU masih berkonsentrasi untuk meningkatkan ketiga indikator kinerja tersebut dan berupaya keras meningkatkan hasilnya.

Semoga tahun depan USU bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi,” kata Dr. Muryanto optimis.

Meskipun berada diranking 7 nasional dan 708 dunia, namun berdasarkan 19 subjek area penilaian yang dilakukan oleh Scimago Institutions Rankings, USU menempati peringkat 1 nasional dan peringkat 305 dunia dalam bidang Agriculture and Biological Science tingkat universitas.

Selain itu, USU juga menempati peringkat 3 nasional dan peringkat 420 dunia dalam sector Business, Management and Accounting.

Sementara pada bidang lainnya yakni Biochemistry, Genetics and Molecular Biology, USU menempatiposisi 4 di Indonesia dan posisi 663 di dunia.

Posisi 4 di Indonesia juga diraih USU dalam bidang Environmental Science.

“Kami akan mendorong agar ke depannya prestasi yang didapatkan USU bisa terus meningkat, khususnya merata pada 19 subjek area penilaian yang dilakukan oleh Scimago Institutions Rankings.

Dengan demikian pemeringkatan secara keseluruhan juga meningkat secara signifikan,” ujar Rektor USU.

(USU) bersama 9 universitas lainnya yang masuk dalam peringkat 10 besar Scimago Institutions Ranking mendapatkan predikat Quarter-1 (Q1) untuk penelitian yang berarti “Publikasi Berkualitas Tinggi”.

Scimago Institution Ranking merupakan lembaga pemeringkatan asal Spanyol yang memberikan penilaian kepada universitas dan institusi riset di dunia.

Indikator penilaian yang dijadikan acuan oleh Scimago untuk menentukan kualitas suatu perguruan tinggi atau universitas terdiri dari 3 aspek utama penilaian, yakni riset, inovasi, dan dampak sosial, yang kesemuanya diambil dari informasi yang disediakan di laman website masing-masing perguruan tinggi.

Riset, inovasi, dan dampak sosial,masing-masing memiliki bobot yang berbeda-beda dalam keseluruhan proses penilaian, di mana riset memegang persentase paling tinggi yakni 50 persen, sisanya adalah inovasi (30 persen) dan dampak sosial (20 persen). (Wsp)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *