Wisuda 777 Lulusan, FK Unimed Siap Terima Mahasiswa Baru

  • Bagikan
Rektor Unimed Prof Dr Baharuddin ST MPd ketika mewisuda lulusan perguruan tinggi negeri tersebut, Rabu (29/5/2024). beritasore/Ist

MEDAN (Berita): Universitas Negeri Medan (Unimed) mewisuda 777 lulusannya dari program Doktor, Magister, Sarjana, dan Diploma di auditorium kampus itu, selama dua hari, Rabu – Kamis (29/5/2024).

Di momen wisuda itu, Rektor Unimed Prof Dr Baharuddin ST MPd mengungkapkan, perguruan tinggi negeri ini siap menerima mahasiswa baru Prodi Kedokteran.

“Perlu kami sampaikan di acara yang terhormat ini, pada tahun ini Unimed Insya Allah akan menerima mahasiswa baru Prodi Kedokteran.

Kami mengajak seluruh hadirin dan seluruh masyarakat Indonesia, terutama warga Sumatera Utara, yang bercita-cita jadi dokter  unggul, dan berkarakter mulia untuk bergabung,”   tuturnya pada hari pertama wisuda, Rabu (29/5/2024).

Unimed, kata rektor, yakin akan melahirkan lulusan dokter-dokter terbaik yang akan berkontribusi bagi peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat di Indonesia.

Sedangkan kepada para wisudawan rektor mengajak semua para lulusan melanjutkan studi ke jenjang S2 dan S3. Hal itu untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi dan skill yang lebih mahir dan profesional.

“Kami pimpinan akan terus mendorong agar secara periodik dan cepat, semua program studi di Unimed harus meraih akreditasi Unggul, menuju ketercapaian visi Unimed menjadi universitas yang unggul dalam bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya,” katanya.

Rektor juga menyebut,  teknologi informasi dan IT telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, skill di bidang IT dan kemampuan literasi bahasa, literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia yang dibutuhkan dunia kerja.

Menurutnya, saat ini bukan lagi era kompetisi, melainkan dunia kerja membutuhkan kemampuan dan skill kolaborasi dalam berbagai bidang.

Dalam melangkah ke jenjang karir, dan dunia kerja, setidaknya dibutuhkan Ilmuwan yang kreatif, kemampuan menyelesaikan masalah, mampu bekerja sama tim atau kolaborasi. Selain itu kemampuan bernegosiasi, manajemen waktu, mengambil keputusan, mengendalikan emosi, berpikir kritis, dan networking.

Rektor juga menuturkan, masyarakat menaruh harapan besar kepada Universitas Negeri Medan untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, serta tenaga kerja bermutu dan berkarakter mulia.

“Tentunya yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan,” ujarnya.

Diungkapkannya, saat ini  Universitas Negeri Medan sudah menetapkan berbagai terobosan baru dalam pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas SDM dosen dengan mendorong percepatan berpendidikan Doktor dan meraih Profesor.

Sebanyak 777 wisudawan itu terdiri dari 41 lulusan Program Pascasarjana, 87 lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan, 147 lulusan Fakultas Bahasa dan Seni, 61 lulusan Fakultas Ilmu Sosial, 174 lulusan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 113 lulusan Fakultas Teknik, 77 lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan,  77 lulusan Fakultas Ekonomi. (aje)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *