Serie A Liga Italia 2019/2020, Restart 20 Juni

  • Bagikan

ROMA (Berita): Serie A Liga Italia 2019/2020 yang tertangguhkan sejak 9 Maret silam karena pandemi virus corona yang bermula dari Kota Wuhan di China, mendapat lampu hijau untuk restart mulai 20 Juni mendatang.

Demikian disampaikan Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora (foto kiri), selepas rapat virtual bersama Federasi Sepakbola Italia (FICG), asosiasi pemain dan operator Liga Serie A.

“Italia mulai membaik dan langkah yang tepat adalah memainkan sepakbola lagi. Kami juga bisa menyatakan Serie A dibolehkan main lagi pada 20 Juni,” ujar Spadafora, seperti dilansir Reuters, Jumat (29/5).

Pada tanggal tersebut akan digelar empat laga tunda giornata 25 yang belum sempat dimainkan akibat imbas virus corona, yakni Inter Milan vs Sampdoria, Hellas Verona vs Cagliari, Torino vs AC Parma dan Atalanta vs Sassuolo.

Menurut Spadafora, Pemerintah Italia telah menyetujui pedoman kesehatan yang diajukan FIGC disertai rencana cadangan jika liga terpaksa harus dihentikan lagi.

Musim 2019/2020 masih menyisakan 12 pekan laga untuk dijalani ditambah empat pertandingan yang sebelumnya tertunda. Juara bertahan Juventus memimpin klasemen dengan koleksi 63 poin dari 26 pertandingan, hanya unggul satu angka di atas tim peringkat dua SS Lazio.

“Saya berterima kasih kepada Menteri Spadafora dan stafnya,” kata Paolo Dal Pino, Presiden Liga Serie A.

“Kami mempertahankan koherensi, tekad, dan semangat pelayanan publik dalam periode yang luar biasa dan kompleks ini, kendati penuh dengan rintangan dan tekanan,” papar Dal Pino.

Presiden Lazio Claudio Lotito ikut bersyukur serta bahagia sekali dengan kepastian restart Serie A. Dia bahkan mengklaim, itu meruapakan kemenangan bagi sepakbola Italia secara keseluruhan.

“Ini bukan kemenangan Lotito, namun seluruh sepakbola Italia. Saya yakin dengan digulirkannya kembali kompetisi, sepakbola kami dapat mempertahankan standar kualitas tinggi yang diakui di seluruh dunia,” klaim Lotito.

Sebaliknya Presiden Torino Urbano Cairo skeptis terhadap berlanjutnya musim ini. “Tapi sudah pasti saya berada di sini untuk melakukan hal-hal dengan cara yang sebaik mungkin,” tutur Cairo. (m08/rtr)

Berikan Komentar
  • Bagikan