Venue Arung Jeram Lawe Mamas Agara Sangat Ekstrem Dan Terganas

  • Bagikan
Berita Sore/Husaini Amin Tim Arung Jeram Sumut tampak mendayung perahu karetnya, sebelum Crash (terjatuh) saat melakoni Race Slalom R4 Putra di Venue Arung Jeram Sungai Lawe Mamas, Jambur Mamang Kute Tanjung, Kecamatan Darul Hasanah Kabupaten Aceh Tenggara Rabu (18/9/2024).

KUTACANE (Berita ): Tim Arung Jeram Sumatera Selatan mengakui Venue Arung Jeram Sungai Lawe Mamas, Jambur mamang Kute Tanjung Kecamatan Darul Hasanah Kabupaten Aceh Tenggara sangat Ekstrem dan terganas.

Kata Nur Rahma Safitri. Alhamdulillah pertandingan hari kedua di Venue Sungai Mamas, sudah selesai, yang penting keselamatan dulu. Untuk sungainya, sangat berat untuk di taklukkan dan kami belum pernah bertemu sungai sederas ini.

Pihaknya sejak awal mengakui tidak berharap banyak di race Slalom R4 Putri, selain memiliki 6 gawang “Upstream, juga medannya sangat sulit ditaklukan karena deras dan ganasnya arus,” jelas Nur.

Bahkan menurutnya, Aceh dan Sumatera Utara saja di heat pertama gagal finis karena terjatuh (Crash), dari perahu karet, hanya mampu meraih waktu terbaik mereka di heat ke 2.

Setelah Tim Slalom R4 Putra Jawa Tengah mampu merebut mendali emas, sementara di R4 Putri harus puas dengan mendali Perak dengan catatan waktu tercepatnya 5 menit 43,39 detik. Medali emas jatuh ke tim Jawa Barat dengan catatan waktunya tercepat 5 menit 11,87 detik dari raihan Jawa Tengah 5 menit 31,52 detik heat 2 Race Slalom.

Perunggu di nomor ini akhirnya diraih oleh Sumatera Barat usai mengoleksi waktu terbaik ketiga dengan mengunci waktu di garis finish 6 menit 49,45 detik. Di heat ke 2, sebelumnya di heat 1 mereka hanya finis di posisi enam, dengan perolehan waktu, lebih dari 10 menit.

Sementara Jawa Tengah sendiri pada heat 1 menempati terbaik ketiga dengan waktu 8 menit 24,12 detik. Namun, mereka dapat memperbaiki waktu tercepatnya di heat 2.

Tim Arung Jeram, Sumatera Selatan di heat 1, sempat menempel ketat, tim Jawa Barat di posisi kedua dengan 7 menit 38,77 detik,karna tidak mampu memperbaiki perolehannya di heat 2. Karna mendapatkan pinalti waktu 5 menit 20 detik.

Disusul tim putri Sumatera Selatan, hanya mampu mencatatkan waktu 7 menit 17,91 detik berada di finish keempat dengan hasil ini, Sumatera Selatan pun masih belum berhasil mendapatkan medali hingga perlombaan hari ke 2 di Venue Lawe Mamas.

Jambi, gagal memperoleh medali, setelah di nomor ini hanya finish di posisi kelima dengan waktu terbaik 7 menit 38,21 detik. Aceh dan Sumatera Utara, di heat 1 gagal finis karena terjatuh dari perahu karet mampu meraih waktu terbaik mereka di heat 2.

Dengan waktu terbaik 7 menit 54,46 detik, Aceh akhirnya berakhir di peringkat 6. Sementara Sumatera Utara di tempat ketujuh setelah menorehkan catatan terbaik 7 menit 55,19 detik.

Sementara Kalimantan Timur hanya mampu menyelesaikan heat 1 pada posisi kempat, karna gagal memperbaiki catatannya di heat 2. Mereka akhirnya harus berlapang dada, dengan menempati posisi terakhir, setelah mencatat waktu 7 menit 57,65 detik.

Medan Tersulit

Venue Arung Jeram Sungai Mamas, sangat menantang, menyulitkan atlet melewati gawang merah (upstream). Awal instruksi pelatih. “Jika kesulitan mengambil gawang merah, lebih baik ambil gawang hijau (downstream) saja agar tidak membuang waktu,” kata Kapten Kalimantan Timur, Fransiska Octavia Enggi kepada Wlwartawan Rabu (18/7/2024) di lokasi Venue Arung Jeram Lawe Mamas.

“Tadinya kami beharap pasti bisa naik podium di nomor ini, tapi sayang belum bisa,” jelas Fransiska.

Dari race Slalom R4 Putra setelah dibawah Jawa Tengah, menempel DKI Jakarta dengan hasil terbaik kedua dalam waktu 4 menit 08,66 detik.

Tuan rumah, Aceh awalnya di heat 1 memimpin klasemen waktu terbaik, di heat 2 kalah bersaing dengan Jawa Tengah dan Jakarta. Mereka pun harus puas dengan tambahan perunggu usai menempatkan waktu 4 menit 16,65 detik.

Peringkat keempat hingga delapan, secara beruntung ada Sumatera Barat 4 menit 50,05 detik, lalu Sumatera Selatan 5 menit 17,21 detik, kemudian Sumatera Utara 6 menit 19,97 detik, Kalimantan Selatan 6 menit 32,11 detik, dan terakhir Kalimantan Timur 7 menit 15,79 detik.

Dari Keterangan Race Director perlombaan arung jeram PON XXI/2024, Joni Kurniawan Rabu (18/9/2024) Di Jambur mamang mengatakan, khusus nomor lomba Slalom membutuhkan keterampilan dan strategi.

Dari hasil pertandingan Tim Arung jeram , dari Pulau Jawa masih terdepan dibandingkan tim-tim Sumatera dan Kalimantan.Kata Joni.

“Harus diakui, ada juga tim dari luar Jawa mencatatkan waktu terbaik mereka, seperti Sumatera Barat dan Aceh,” papar Joni.

Untuk perebutan medali PON XXI Aceh Sumut di cabang olahraga Arung Jeram di Venue Lawe Mamas, berakhir hari ini Kamis (19/9/2024) diperkirakan pengunjung akan membludak, menyaksikan Race Slalom R6 Putra dan R6 Putri. (aie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *