Bupati Batubara : Uji Coba Transisi Menuju New Normal

  • Bagikan

Batubara ( Berita) : Bupati Batubara Ir. Zahir M.AP dihadiri Dandim Asahan Letkol Inf. Sri Marantika Beruh,Kapolres diwakili Kabag Ops Kompol Rudy Candra, Danlanal Tj. Balai, Kajari Batubara dihadiri Kasi Pidsus, Sekda Sakti Alam Siregar, serta OPD yang tergabung dalam GTPP Covid-19, tandatangani 6 poin uji coba Transisi menuju New Normal Senin (8/6/2020).

Dalam Rillis yang dikeluarkan Protokoler Humas Batubara usai rapat beberapa waktu lalu menyebutkan uji coba dalam masa transisi menuju ‘New Normal’ diseluruh kecamatan dan Desa diharuskan disiplin Protokol Kesehatan Covid-19.

Uji coba itu akan difasilitasi melalui dana Covid-19, meski Kabupaten Batubara zona hijau.Jubir GTPP Covid 19 Batubara dr. Wahid Khusyairi menjelaskan, ada enam poin yang diinstruksikan Bupati untuk dilaksanakan dalam mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan menuju kehidupan New Normal.

Pertama, meningkatkan pengendalian dan penularan Covid-19 di Kabupaten Batubara kata Jubir GTPP Covid-19.

Kemudian meningkatkan kapasitas sistem kesehatan mulai Puskesms, Rumah Sakit sampai peralatan kesehatan (medis) sehingga mampu melakukan pengajian, pelacakan kontak, karantina orang terinfeksi, serta alat test PCR.

Selanjutnya menekan resiko wabah di wilayah dengan kerentanan tinggi serta penerapan protokol pencegahan Covid-19 di tempat kerja dengan memakai masker, jaga jarak, restoran, rumah ibadah, arena wisata, dan lainnya.

Mengendalikan resiko kasus dari pembawa virus (kasus import) orang-orang yang masuk ke wilayah Kabupaten Batubara melalui pos jaga setiap pintu masuk.

Terakhir Jubir GTPP menyebutkan dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan berpendapat dan dilibatkan dalam masa transisi menuju New Normal .

Kewaspadaan dan kesiapsiagaan harus tetap dilakukan untuk mencapai kriteria dan indikator-indikator yang telah dituangkan melalui Kepmendagri Nomor 440-830 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru, Produktif dan aman Corona Virus 2019 bagi ASN di Lingkungan Pemerintah Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah, paparnya.

Jangan sampai terjadi kemiskinan makin bertambah, kesehatan semakin memburuk. Sebaliknya transisi yang tergesa-gesa akan memperkecil keberhasilan.(als)

Berikan Komentar
  • Bagikan