Bupati Tapsel Serahkan Ribuan Benih Ikan Tawar di Angkola Selatan

  • Bagikan
Berita Sore/Birong RT Bupati Tapsel Dolly Pasaribu saat menyerahkan bantuan benih ikan tawar bagi kelompok lubuk larangan Pokmaswas Al-Ikhlas Desa Pintu Padang Kec. Angkola Selatan, Rabu (5/6/2024).

TAPSEL (Berita): Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu menyerahkan dan sekaligus melakukan penebaran benih ikan tawar bersama kelompok pengelola lubuk larangan Pokmaswas Al-Ikhlas Desa Pintu Padang dan Pokmaswas Silaturrahmi Kelurahan Napa, Kecamatan Angkola Selatan, Rabu (5/6/2024).

Ribuan benih ikan ini terdiri dari Ikan Jurung sebanyak 1.500 ekor, Ikan Tawes 3.000 ekor dan Ikan Baung 2.000 ekor. Kemudian masing-masing desa memperoleh 6.500 ekor dengan total benih ikan sebanyak 13.000 ekor.

Dolly berharap melalui bantuan benih ikan ini semoga dapat menghidupkan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,

“Menjadi harapan kita bersama, ikan yang dilepas ini semua bisa tumbuh dengan baik, sehingga ketika masa panen tiba bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar maupun masyarakat yang mengetahui kapan adanya buka lubuk larangan,” ucapnya.

Sebelumnya, Kadis Perikanan Tapsel Saiful AP Nasution menjelaskan penebaran benih ikan ini dilakukan guna menjaga ketersediaan ikan dan kelestarian sungai di daerah itu.

“Di samping produksi ikan dan ketersediaan ikan terjaga, harapannya juga menambah pendapatan masyarakat yang muaranya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sebutnya.

Ia mencontohkan, saat pembukaan lubuk larangan tiba, masyarakat bisa mengelolanya dengan penjualan tiket atau sejenisnya, hasil tersebut bisa dimanfaatkan untuk pembangunan fasilitas umum di daerah itu.

“Itu salah satu contoh yang bisa dimanfaatkan, kalau masyarakat bahu-membahu merawat pelestarian aliran sungai untuk menjaga pertumbuhan ikan ini, itulah yang sangat kami harapkan dari masyarakat sekitar,” katanya.

Sementara, Tokoh Masyarakat setempat mengucapkan terimakasihnya atas bantuan benih ikan tersebut seraya berharap semoga nanti dapat menambah dana kas desa mereka.(Rong)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *