Bupati Tapsel Tanam Perdana Kopi Arabika Sipirok

  • Bagikan
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt MM, saat tanam perdana kebun demontration plot (Demplot) untuk lahan percontohan Kopi Arabika Sipirok di Desa Aek Sabaon, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapsel, Rabu (28/7). berita Sore/Birong RT
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt MM, saat tanam perdana kebun demontration plot (Demplot) untuk lahan percontohan Kopi Arabika Sipirok di Desa Aek Sabaon, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapsel, Rabu (28/7). berita Sore/Birong RT

TAPSEL(Berita): Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt MM, menggelar tanam perdana kebun demontration plot (Demplot) untuk lahan percontohan Kopi Arabika Sipirok di Desa Aek Sabaon, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapsel, Rabu (28/7).

Bupati disela penananaman kopi, mengajak semua pihak supaya dapat terus mengkampanyekan kopi Arabika Sipirok ini, supaya semakin populer dan dikenal dikancah internasional.

Selain itu, Bupati juga meminta agar semua pihak untuk menjadi “pemasar” demi tercapainya cita-cita Kopi Arabika Sipirok menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia dan dunia.

“Bila perlu setiap orang ingin menikmati kopi, yang langsung tertanam, teringat dan terpikir bahwa kopi yang mantap itu adalah Kopi Arabika Sipirok.

Jadi peluang Kopi Arabika Sipirok untuk menjadi tenar akan semakin besar, dan kesejahteraan masyarakat petani kopi pun jadi meningkat ” ujarnya.

Sementara, Ketua MPIG Kabupaten Tapsel, Suryadi, mengatakan, Kopi Arabika Sipirok telah mendapat pengakuan beserta hak intelektual kekayaan berbentuk sertifikat sejak 2018 lalu.

Usai mendapat sertifikat, MPIG Tapsel yang dibentuk pada 2014 lalu, membawa Kopi Arabika Sipirok mengikuti festival kopi di Medan.

“Dan Alhamdulilah, Kopi Arabika Sipirok meraih juara pertama kopi terbaik se-Sumatera Utara (Sumut),” paparnya.

Kesuksesan serupa juga berhasil diulang Kopi Arabika Sipirok pada festival kopi yang diselenggarakan di pelataran Kantor Gubernur Sumut April 2019 lalu.

Di mana, saat itu “Bumbu Kopi” dan “PDM Kopi” yang mewakili untuk membawa Kopi Arabika Sipirok. Alhasil, Kopi Arabika Sipirok sukses menyabet gelar juara pertama dengan predikat kopi terbaik se-Sumut.

“Sedangkan pada HUT Kota Tebingtinggi pada tahun yang sama tepatnya di bulan Desember, kita juga ikuti festival makanan dan kopi yang diwakili PDM kopi.

Di situ, Kopi Arabika Sipirok juga mendapatkan nilai tertinggi sehingga layak meraih juara pertama,” pungkasnya.

Tenam perdana kopi Arabika Sipirok ini turut diikuti, Kadis Pariwisata Abdul Saftar, Kadis Pertanian Bismark Maratua, Ka BKD Ahmad Suaib Harianja, Camat Marancar Supri Siregar dan Kepala Desa se-Kecamatan Marancar.(Rong)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *