Kapal Patroli Satpol Air Laksanaan Tugas Rutin

  • Bagikan
Petugas saat melakukan pemeriksaan barang muatan Kapal. Beritasore/Ist
Petugas saat melakukan pemeriksaan barang muatan Kapal. Beritasore/Ist

Tanjungbalai ( Berita) : Kapal Patroli Satpol Air Polres Tanjungbalai KP. II. -2027 Diawaki Ipda. Syahrizal dan Bripka Juanda. Minggu (18/10/2020) melaksanakan tugas patroli rutin selama 1 X 12 Jam.

Mulai sejak Sabtu s/d Minggu Kondisi Perairan Tanjung Balai Asahan ( TBA ) dalam keadaan aman dan terkendali.
.Kapolres Tanjungbalai AKBP. Putu Yudah Prawira, Sik. MH mengatakan kepada Wartawan melalui Kabag Humasnya Iptu. A. Dahlan Panjaitan.

Patroli melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap kapal yang lintas di perairan diduga membawa barang terlarang atau Tenaga Kerja Ilegal ( TKI ) dari Negara Luar masuk Ke Perairan Indonesia Tanjungbalai Asahan.

Patroli ini dilakukan secara rutin di perairan Tanjungbalai Asahan guna melakukan pengawasan dan antisipasi terhadap kapal membawa barang Illegal dan terlarang. Pukul 01. 21 Wib, KP. II-2027 lego jangkar dikoordinat. N 2° 59′ 14.0172″ E 99° 50′ 44.4444 “

Untuk melakukan pengawasan dan antisipasi terhadap kapal yang mengangkut TKI dan kapal yang diduga membawa barang ilegal atau barang yang dilarang keluar & masuk melalui perairan TBA.

Minggu tanggal 18 Oktober 2020, sekira pukul 04.45 wib,KP. II-2027 melakukan pengejaran satu unit kapal yang datang dari arah laut, diposisi/koordinat : N 2° 59′ 15.558″ E 99° 50′ 39.2388″

Kapal tersebut dapat dihentikan, petugas patroli melakukan pemeriksaan terhadap muatan kapal, serta melakukan pemeriksaan Suhu Tubuh Awak kapal dengan menggunakan alat Termo Scan.

Kemudian KM. karya Baru. VII GT.28 No.157/PPr yang dinakhodai oleh Irwansyah datang dari Tanjung balai tujuan panipahan dalam pemeriksaan  Dokumen kapal Lengkap, Jumlah umpang .
Muatan kapal berupa Barang kelontong dan bahan bangunan dan tidak ada ditemukan barang – barang yg ilegal atau yang melanggar hukum.

Usai periksa Personil Patroli KP II-2027 Sat Polair Polres Tanjung Balai dan petugas kembali Melaksanakan  Public speaking, sosialisasi adaptasi kebiasaan baru tentang pencegahan virus corona Kepada masyarakat Awak kapal Nelayan Kota Tanjungbalai.

Agar masyarakat tetap mengikuti perkembangan Covid-19, dihimbauan agar menjalankan Protokoler Kesehatan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan Menggunakan Sabun dengan Air Mengalir, Hindari Kerumunan dan menerapkan pola hidup bersih sehat.

Agar tetap menjaga kebersihan Pribadi dan Lingkungan Serta Rajin Mencuci Tangan dengan Sabun dengan Air Mengalir.

Utamakan Keselamatan

Apabila akan berlayar agar selalu periksa mesin, kelengkapan kapal dan melengkapi dokumen kapal sebelum berlayar, dalam pelayaran utamakan  keselamatan dengan cara melengkapi alat-alat keselamatan berlayar seperti Jeket Pelampung dan Ring boy, Apar dan Kotak P3K.

Menjadi mitra Polri dapat memelihara situasi Kamtibmas dengan membantu petugas Satpolair untuk memberikan informasi jika ada mengetahui masyarakat atau TKI yang masuk dengan cara menumpang di kapal pengangkutan/ kapal ikan serta kapal yg mencurigakan membawa barang2 illegal seperti Ballpress dan narkoba dapat diimplementasikan.

Dalam kegiatan tersebut tidak ada komentar yang menonjol atau penegakan hukum hingga situasi Wilkum Sat Polair Polres Tanjungbalai Asahan dalam keadaan aman dan terkendali. Ujarnya. (syn)

Berikan Komentar
  • Bagikan