Kementerian PUPR RI Serahterimakan Sarana TPA Kepada Pemkab Tapsel

  • Bagikan
Bupati Tapanuli Selatan, Syahrul M Pasaribu,SH saat menerima aset bangunan sarana fasilitas Tempat Pemerosesan Ahir (TPA) dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) RI, di ruang kerja Bupati Tapsel, jalan Lafran Pane Kec.Sipirok, Kamis (11/6). BeritaSore/ Birong RT
Bupati Tapanuli Selatan, Syahrul M Pasaribu,SH saat menerima aset bangunan sarana fasilitas Tempat Pemerosesan Ahir (TPA) dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) RI, di ruang kerja Bupati Tapsel, jalan Lafran Pane Kec.Sipirok, Kamis (11/6). BeritaSore/ Birong RT

TAPSEL (Berita): Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) RI menyerahkan bangunan sarana fasilitas Tempat Pemerosesan Ahir (TPA) kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara (BPPWSU), Syafriel Tansier mewakili Dirjen Cipta Karya, Kementerian PU PR RI, langsung menyerahkan kepada Bupati Tapanuli Selatan, Syahrul M Pasaribu,SH di ruang kerja Bupati Tapsel, jalan Lafran Pane Kec.Sipirok, Kamis (11/6).

Diketahui, Proyek pembangunan TPA tersebut bersumber dari APBN Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) RI yang bernilai 12 Milyard lebih yang berlokasi di Desa Marsada Kec.Sipirok dan rampung dikerjakan pada tahun 2019 lalu.

Kepala BPPWSU Syafriel Tansier, melalui Doni Suhardana sambuatnnya berharap agar Pemkab Tapsel bersama masyarakat supaya bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan dan dapat memilihara, merawat aset negara yang baru diserahkan.

Sementara, Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu, SH menjelaskan, Bangunan (TPA) tersebut berada diatas tanah milik Pemkab Tapsel yang tidak mengganggu tata ruang, tata letak ruang, ruang terbuka hijau dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat luas.

“Fasilitas TPA Sipirok ini, memiliki block land fail, dan merupakan system grapitasi air sampah yang akan masuk ke kolam Instalasi Pengolahan Limbah (IPL).

Dimana, dikolam IPL, air permukaan dari sampah, terlebih dulu distrerilkan sebelum dibuang ke aliran sungai, guna menghindari pencemaran,” jelasnya.

Pembangunan TPA tersebut juga dilengkapi alat lab dan jembatan timbang yang berfungsi mengukur tonase sampah yang masuk tiap hari sehingga, dengan hitungan itu bisa diketahui dalam membantu pengembangan perluasan TPA kedepan.

Potensi pengembangan masih terbuka, karena Pemkab Tapsel sejak awal menyediakan 5 hektar lahan dilokasi TPA,” sebutnya seraya merincikan yang dibangun saat ini masih 3 hektar saja.

Ucapkan Terima Kasih

“Atas nama masyarakat Kabupaten Tapsel, pantas mengucapkan terima kasih pada Kementerian PU PR RI, Dirjen Cipta Karya dan juga Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara yang mana TPA ini diketahui dapat mendukung Pemkab Tapsel dalam mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera,” ujarnya.

Penyerahan TPA turut dihadiri Kadis PU PR Tapsel Chairul Rizal Lubis, Kadis Lingkungan Hidup Sahril Siregar, Kabid Aset Bonardo AP Marpaung, BUMD Tapsel Syahril Nasution, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar dan Camat Sipirok Sardin Hasibuan serta rombongan Balai PPWSU. (Rong)

Berikan Komentar
  • Bagikan