Ketua PTI Sumut : Kita Harus Peduli Sektor Pertanian

  • Bagikan
Dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional (HTN) Dewan Pengurus Cabang (DPC) Pemuda Tani Indonesia (PTI) Kabupaten Asahan melakukan kegiatan dialog dengan Pemuda Tani Indonesia (PTI) Sumut, Sabtu, (24/9) yang berlangsung di Aek Ledong Asahan. Beritasore/ist
Dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional (HTN) Dewan Pengurus Cabang (DPC) Pemuda Tani Indonesia (PTI) Kabupaten Asahan melakukan kegiatan dialog dengan Pemuda Tani Indonesia (PTI) Sumut, Sabtu, (24/9) yang berlangsung di Aek Ledong Asahan. Beritasore/ist

ASAHAN (Berita): Ketua Pemuda Tani Indonesia (PTI) Sumut M.Fadly Abdina, SP, M.Si yang juga Wakil Ketua HKTI, Sumut mengajak pelaku pertanian untuk peduli pada sektor pertanian dan mengokohkan semangat kontribusi pada sektor pertanian.

Ajakan itu disampaikannya dalam acara memperingati Hari Tani Nasional (HTN).

Dalam memperingati Hari Tani Nasional (HTN) tersebut oleh Dewan Pengurus Cabang Pemuda Tani (DPC PTI) Kabupaten Asahan melakukan dialog sekaligus penyuluhan kepada petani, kelompok tani dan tokoh masyarakat desa.

Dialog dengan tajuk, Strategi Ketahanan Pangan pada Masa Pandemi Covid 19 yang berlangsung di Kabin Kupi Aek Ledong, Kabupaten Asahan,Sabtu, (24/09/2021).

Kegiatan tersebut dengan narasumber diantaranya, Muhammad Fadly Abdina, SP, M.Si (Ketua DPD Pemuda Tani Indonesia Sumut/Wakil Ketua HKTI Sumut), Ir. Amir Husin Siregar, M.MA (Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan), Faisal Hendra Siregar, SP Kepala Seksi Produksi TPH Dinas Pertanian Kabupaten Asahan.

Acara yang dipandu oleh Muhammad Reza Andika, S.Agt Ketua DPC PTI Asahan/Anggota DPRD Asahan ini berlangsung hangat dan kekeluargaan.

M.Fadly Abdina, SP, M.Si selaku Ketua PTI Sumut sekaligus Wakil Ketua HKTI Sumut dalam materinya menyampaikan  kompleksnya persoalan sektor pertanian dan sekaligus mengajak setiap setiap individu harus peduli pada sektor pertanian.

“Persoalan ketahanan pangan tidak terlepas dari pengelolaan tata kelola pangan yang berlandaskan majemen sistem agribisnis”, ujar Fadly Abdina.

“Pengelolaan Sistem Agribisnis Terintegrasi dari hulu hingga hilir, sambung Fadly, dari mulai penyediaan input produksi pupuk, benih, dan lainnya. Begitupun dengan

proses budidaya, pasca panen, dan faktor pendukung baik penyuluhan, permodalan, jaminan resiko dan lainnya harus dapat menjadi kesatuan yang dapat menopang aktivitas usahatani petani.

Oleh sebab itu tanpa terkecuali, setiap individu harus ambil bagian untuk berbuat pada perkembangan sektor pertanian”,jelas Fadly Abdina.

“Kepada Generasi Muda khususnya pengurus DPC PTI/HKTI Kab. Asahan, lanjutnya agar senantiasa tergerak untuk turun ke desa. Sebab didesa kita dapat mengetahui berbagai permasalahan yang dialami para petani kita, sebut Fadly Abdina.

Dalam kesempatan yang sama, Ir. Amir Husin Siregar, M.MA Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan mengatakan, Pemkab Asahan siap memfasilitasi kebutuhan petani.

“Kami siap memfasilitasi berbagai kebutuhan petani. Jika ada kebutuhan petani yang belum tertampung pada APBD Asahan maka kami akan perjuangkan pada APBD Provinsi hingga Anggaran APBN. Sehingga para petani di Asahan dapat maju dan sejahtera”, ujar Amir.

Muhammad Reza Andhika, S.Agt selaku Ketua DPC PTI Asahan, mengapresiasi dukungan dari Pemkab Asahan dan secara organisasi bersedia menjembatani kepentingan petani Asahan.

“Sebagai organisasi masyarakat kepemudaan, kami DPC PTI Asahan mengapresiasi Pemkab Asahan melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk bersinergi dan menjembatani berbagai aspirasi petani di Asahan”, ujar Reza Andhika.

“Semoga Petani di Asahan dapat naju dan sejahtera”, tutupnya

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris HKTI/PTI Sumatera Utara Muhammad Syah, S.Ag, Camat Kecamatan Aek Ledong diwakili Sekcam Afifuddin, A.Md, pengurus PTI Sumut, dan pengurus PTI dari beberapa kecamatan Kabupaten Asahan. (lin)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *