KPU Gunungsitoli Sosialiasi Tahapan Pilkada 2024

  • Bagikan

GUNUNGSITOLI (Berita): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gunungsitoli menggelar sosialisasi pendaftaran Lembaga Pemantau, Lembaga Survey dan Hitung Cepat pada tahapan pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli tahun 2024 bertempat di Gedung A’luck Kota Gunungsitoli, Rabu (2/10/2024).

Sosialiasi dibuka oleh Ketua KPU Kota Gunungsitoli, Cardinal Mendrofa didampingi komisioner lainnya.

Cardinal Mendrofa pada sambutannya mengatakan pelaksanaan Pilkada tentunya tidak akan sukses jika hanya oleh KPU sendiri. Sehingga pada saat ini KPU berharap kepada semua elemen masyarakat, lembaga, instansi pemerintah untuk turut terlibat dan berpartisipasi dalam mensukseskan Pilkada yang Jurdil.

Dia menyampaikan hingga saat ini belum ada baik perseorangan maupun kelompok masyarakat yang mendaftar di KPU baik sebagai Lembaga Pemantau, Lembaga Survey dan Hitung Cepat pada tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2024 di Kota Gunungsitoli.

Cardinal berharap dengan pelaksanaan sosialisasi ini, diharapakan adanya partisipasi baik perseorangan maupun kelompok untuk mendaftar sebagai Pemantau Pemilihan, Lembaga Survey, maupun Hitung Cepat pafa Pilkada yang digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Sementara Kadiv SDM dan Parmas KPU Kota Gunungsitoli, Happy Suryani Harefa yang menjadi nara sumber memaparkan beberapa bentuk partispasi masyarakat dalam pemilihan.

Bentuk partispasi yang dimaksud antara lain melakukan sosialisasi pemilihan, pendidikan politik bagi pemilih, survey atau jajak pendapat, penghitungan cepat, keikutsertaan sebagai penyelenggara di tingkat adhoc, peliputan pemberitaan dan publikasi dan penelitian atau kajian.

Sementara Kaban Kesbangpol Kota Gunungsitoli, Alfian Harefa memaparkan peran dan fungsi Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) pada Pilkada Damai 2024.

Ormas menurut Alfian Harefa memiliki beberapa peran diantaranya turut menciptakan dan menopang pembangunan dalam upaya pelayanan kepada masyarakat. Ormas juga menkadi agen perubahan dalam mengedukasi masyarakat untuk mewujudkan Pilkada Damai.

Sedangkan fungsi Ormas antara lain sebagai motor penggerak untuk memelihara, menjada dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Memberikan kontribusi positif bagi pemerintah, menyiapkan kader kader pemimpin sebagai penyelenggara maupun pemilih dalam Pemilu serta mengawal dan mengawasi pelaksanaan Pilkada Damai 2024.

Hadir pada acara sosialisasi diantaranya Kaban Kesbangpol Kota Gunungsitoli, Alfian Harefa yang juga sebagai salah seorang nara sumber, para perwakilan pimpinan organisasi keagamaan, perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, organisasi mahasiswa dan sejumlah media masa. (KZ)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *