KPU Kota Gunungsitoli Gelar Kegiatan Coklit Serentak Pilkada 2024

  • Bagikan

Gunungsitoli (Berita): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gunungsitoli menggelar agenda gerakan pencocokan dan penelitian (COKLIT) serentak pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024 yang berlangsung dihalaman KPU setempat. Minggu (30/06/2024).

Ketua KPU Gunungsitoli, Cardinal Pranatal Mendrofa menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilkada kurang lebih lima bulan lagi atau 149 hari lagi menuju tanggal 27 November 2024 dan pihaknya telah secara estafet terus untuk bekerja untuk menyukseskan pemilu.

Dijelaskannya, pada tanggal 24 Juni yang lalu telah melakukan pelantikan pantarlih secara serentak yang meliputi 101 Desa/Kelurahan di Wilayah Kota Gunungsitoli dan pada tanggal 24 Juni – 24 Juli 2024 akan ada proses pencocokan dan penelitian (Coklit).

“Kami dari pihak KPU Gunungsitoli memandang bahwa perlu ada keseragaman dan pemberitahuan kepada seluruh stakeholder, elemen masyarakat yang diketahui oleh media, ” Jelasnya.

Cardinal mengungkapkan bahwa salah satu prinsip untuk terselenggara dan terwujudnya pemilu demokratis maka seluruh warga negara yang memenuhi syarat bisa menjadi pemilih tanpa diskriminasi.

Oleh karena itu, pihak dari KPU berupaya untuk tidak ada diskriminasi bagi akses pemilih sehingga para pemilih bisa mendapatkan informasi secara transparan bagaimana cara memilih, bagaimana terdaftar sebagai pemilih dan bisa diperbaiki data datanya bila terjadi kekeliruan.

Akan tetapi, melalui pemutakhiran dan penyusunan data pemilih ini merupakan salah kunci strategis dan krusial dalam menentukan suatu daerah bisa berhasil atau tidak dalam menghadapi pemilu.

“Apabila data pemilih kita valid maka dipastikan peluang besar untuk menyukseskan pilkada tahun 2024 yang akan datang,
” Ungkapnya.

Terpantau acara pemasangan atribut coklit, mulai dari Rompi, topi, perlengkapan untuk proses coklit. Seterusnya proses foto bersama forkopimda Kota Gunungsitoli dan Pimpinan KPU Kota Gunungsitoli serta Bawaslu Kota Gunungsitoli, hingga berakhir dengan aman dan tertib (KZ)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *