Ny. Nawal Lubis Lantik Ny. Rosalina Dolly Pasaribu Jadi Ketua PD GPMB Tapsel

  • Bagikan
Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Prov. Sumut, Ny. Nawal Lubis Edy Rahmayadi melantik Ny. Rosalina Dolly Pasaribu sebagai Ketua PD (GPMB) Kab. Tapanuli Selatan di Aula Sarasi, Lantai III, Kantor Bupati Tapsel,  Kamis (18/11). beritasore/Birong RT
Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Prov. Sumut, Ny. Nawal Lubis Edy Rahmayadi melantik Ny. Rosalina Dolly Pasaribu sebagai Ketua PD (GPMB) Kab. Tapanuli Selatan di Aula Sarasi, Lantai III, Kantor Bupati Tapsel,  Kamis (18/11). beritasore/Birong RT

TAPSEL (Berita) : Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Prov. Sumut, Ny. Nawal Lubis Edy Rahmayadi melantik Ny. Rosalina Dolly Pasaribu sebagai Ketua PD (GPMB) Kab. Tapanuli Selatan di Aula Sarasi, Lantai III, Kantor Bupati Tapsel,  Kamis (18/11).

Saat pelantikan, Ny Nawal Lubis Edy Rahmayadi memekankan kepada pengurus daerah PD (GPMB) Tapanuli Selatan agar bisa meningkatkan minat masyarakat gemar membaca demi tercipta masyarakat yang cerdas, berbudaya, berdaya saing tinggi, dan bermartabat.

“GPMB hadir untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya membaca dan belajar sepanjang hayat,” ujar Ketua GPMB Sumut, Nawal Lubis Edy Rahmayadi.

Lebih lanjut, Ny Nawal menyatakan, kesadaran masyarakat untuk membaca, juga diharapkan bisa membawa kehidupan masyarakat lebih sejahtera disamping suatu upaya membangun generasi unggul,” Generasi unggul,diperlukan dalam rangka menyongsong era industri 5.0 serta bonus demografi yang segera dihadapi bangsa Indonesia,” jelasnya.

Menurut hasil survei beberapa lembaga survei di dunia Indonesia, minat baca berada di tingkat paling bawah.

Hal itu tentu menjadi keprihatinan dan harus menjadi perhatian bersama.

“Ini pada survei Lembaga Program for International Studen Assesment (PISA) yang diterbitkan pada bulan Maret 2019 menempatkan Indonesia pada peringkat 74 dari 79 negara.

Sementara, di Sumut menempati peringkat 18 dari 34 provinsi, ini merupakan kondisi yang memprihatinkan kepada kita semua,” terangnya.

Oleh sebab itu, Nawal menginginkan kedepannya agar PD GPMB Kabupaten Tapsel bersama unsur lainnya dapat lahirkan generasi cerdas, terampil, mandiri, religius, serta berdaya saing,” tutupnya. Sedangkan, Ketua PD GPMB Kabupaten Tapsel, Ny Rosalina Dolly Pasaribu, dalam sambutannya, meminta kerjasama seluruh unsur terkait, baik dari Pemkab maupun swasta, agar dapat menjalankan program minat baca ini di kalangan masyarakat.

Dia mengungkapkan, mengembangkan minat baca, bukan pekerjaan yang mudah dan tidak bisa hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, “Akan tetapi jadi tanggungjawab semua elemen masyarakat dan tingkat keluarga hingga negara.

Hal ini berkenaan dengan generasi muda Indonesia ke depan untuk dapat berkompetisi di tengah-tengah masyarakat global,” tuturnya.

Selaku pengurus PD GPMB Kabupaten Tapsel, pihaknya menyadari akan tugas dan tanggungjawab organisasi dalam menjembatani semua pihak sebagai upaya peningkatan indeks literasi minat baca di daerah, sebagaimana visi misi Pemkab Tapsel menuju masyarakat yang lebih sehat, cerdas, dan sejahtera,” pungkasnya.

Adapun Pengurus Daerah GPMB Kabupaten Tapsel yang dilantik antara lain, Ketua Rosalina Dolly Pasaribu, Sekretaris Fauzani Harahap, dan Bendahara Tetty Nuryani.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Perpustakaan Sumut Alen Purba, Kadis Perpustakaan Tapsel,  Asisten Ekbang Moh Said, Ketua Organisasi Kemasyarakatan, para pegiat literasi, Camat serta Kepala Desa. (Rong)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *