Pemkab Batubara Dorong Produk UMKM Masuk Pasar Ekspor

  • Bagikan
Bupati Batubara H Baharuddin Siagian, SH, MSi menghadiri kegiatan Workshop UMKM di Gedung Multi Porpose Hall (MPH) Perumahan Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka Rabu (16/4/2025). Berita Sore/alirsyah

BATUBARA (Berita): Bupati Batubara H Baharuddin Siagian SH, MSi berpesan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), sebelum menuju ke ekspor maka terlebih dahulu menjaga kualitas dan kebersihan produk agar para konsumen menyukai produk kita.

“Pertemuan ini jangan hanya sekedar pertemuan, tapi bagaimana hasil akhir dari pertemuan ini harus benar-benar terealisasi,” kata Baharuddin dalam sambutannya pada workshop UMKM Rabu (16/4/2025).

Guna mendukung para pelaku usaha UMKM Baharuddin menghadiri kegiatan Workshop UMKM di Gedung Multi Porpose Hall (MPH) Perumahan Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka dengan Thema “UMKM Go Moderen dan Ekspor Pasti Bisa” diisi pemaparan materi dari Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Dr Ir H Hakim, MSi Rabu (16/4/2025).

Kepala Dinas KopUKM Batubara memaparkan manfaat dan kegunaan NIB (Nomor Induk Berusaha) dan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga).

Katanya, NIB dan PIRT penting bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Jadi dengan memiliki NIB dan PIRT, bisnis atau usaha akan lebih berkembang dan terpercaya serta diakui kedudukannya oleh negara, layaknya memiliki KTP.

Disebutkannya, dengan adanya NIB dan PIRT maka para pelaku UMKM dapat bekerja sama dengan minimarket seperti Indomaret dalam memasarkan produk. Kepengurusan NIB sangat cepat 1 hari sudah siap diproses.

Pemkab Batubara sangat mendukung setiap UMKM dengan memberikan bantuan dalam jenis peralatan produk yang akan diberikan melalui PT Inalum dan pinjaman modal berusaha di Bank Sumut dan proses pelaksanaannya diawasi Pemkab Batubara.

Hadir Asisten 2 Setdakab Batu Bara, Kepala Dinas Kominfo Batu Bara, Camat Sei Suka dan para peserta. (als)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *