Pemko Binjai Komit Tingkatkan Informasi Publik

  • Bagikan
Berita Sore/ist Kadis Kominfo Binjai Sofyan Syahputra Siregar, SSTP., MAP (tiga kiri) menerima visitasi dari Ketua Komisi Informasi (KI) Sumut Dr Abdul Harris Nasution, SH, MKn (tiga kanan) pada pertemuan di BCC Kota Binjai, Selasa (15/10/2024).

BINJAI (Berita): Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Binjai Sofyan Syahputra Siregar, SSTP, MAP terima visitasi Ketua Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara Dr Abdul Harris Nasution, SH, MKn beserta rombongan, di Binjai Command Center (BCC) Kota Binjai, Selasa (15/10/2024).

Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Utara Dr Abdul Harris Nasution, SH, MKn menyampaikan bahwa visitasi ini merupakan rangkaian kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Badan Publik se-Sumatera Utara yang tahapannya telah dilakukan beberapa bulan lalu, dimulai dari Pengisian Self Assesment Questionnare (SAQ), dilanjutkan dengan Presentasi dan terakhir Visitasi.

“Hal ini rutin kita lakukan setiap tahunnya sebagai tanggung jawab dari KI untuk melihat pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik di setiap daerah,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, kegiatan visitasi ini juga sekaligus untuk mengkonfirmasi apakah Pengisian SAQ yang telah disampaikan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Binjai kepada Komisi Informasi beberapa waktu lalu, sesuai dengan keadaan yang ada di lapangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Binjai Sofyan Syahputra Siregar, SSTP., MAP mengucapkan terima kasih atas visitasi KI ke Kota Binjai. Kadis Kominfo mengatakan keterbukaan informasi adalah salah satu elemen penting bagi keberhasilan pembangunan dan kemasyarakatan. Karena itu, lanjutnya, seluruh pihak harus terus belajar dan menambah wawasan tentang bagaimana pelaksanaan keterbukaan informasi yang baik dan benar.

“Saya telah menginstruksikan dan memotivasi setiap OPD di Kota Binjai agar memberdayakan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) secara maksimal agar proses penyebarluasan informasi kepada masyarakat dapat berjalan optimal,” ucapnya.

Lebih lanjut, Kadis Kominfo juga meminta masukan dan saran dari Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara terkait hal-hal apa saja yang harus dibenahi agar keterbukaan informasi dapat berjalan sesuai ketentuan yang ada khususnya di Kota Binjai.

Pada kesempatan ini visitasi dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Utara Drs Eddy Syahputra AS, MSi, Ketua Divisi Penyelesaian Sengketa Informasi Muhammad Syafi’i Sitorus, SH. (RR)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *