Pergantian Nama Kecamatan Nibung Hangus Sudah Kemendagri

  • Bagikan
Bupati Batubara Ir.Zahir M.AP
Bupati Batubara Ir.Zahir M.AP

Batu Bara (Berita) : Pemerintah Kab.Batubara dipimpin Bupati Ir.Zahir M.AP sedang mengusulkan pergantian nama Kecamatan Nibung Hangus hasil Pemekaran Kecamatan Tanjung Tiram menjadi Kec. Datuk Limalaras, Jum’at (19/11/2021).

Arif Hanafiah mengatakan Pemerintah Kabupaten Batubara sedang mengusulkan perubahan nama Kecamatan Nibung Hangus menjadi Kecamatan Datuk Limalaras.

Perubahan nomenklatur penting mengingat usulan itu datang dari masyarakat Batubara yang menginginkan nama dirubah.

Prosesnya sudah berjalan, usulan perubahan itu sudah disampaikan ditingkat Gubernur Sumatera Utara, diteruskan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pusat ujar Bupati Zahir melalui Kabag Pemerintahan Arif Hanafiah.

Arief menambahkan usulan nama pergantian Kecamatan Nibung Hangus sudah direspon Bapak Bupati Batubara Ir.Zahir M.AP, karena menyangkut perubahan regulasi sehingga prosesnya panjang.

Perda  akan dibahas Tahun 2022 tutur Arief. Selain pergantian nama Kecamatan,1 Kelurahan bakal menjadi Desa.

Ada beberapa poin yang kini sedang dipersiapkan Pemerintah Kab.Batubara dalam kaitan perubahan nama kecamatan.

Pertama menyiapkan dokumen kajian akademik, kedua batas-batas desa.

Sehingga dengan kelengkapan itu, usulan masyarakat yang menginginkan sejarah kedatukan Limalaras itu bisa kembali terwujud dimasyarakat sesuai syarat yang diminta pihak Provinsi Sumatera Utara untuk diajukan ke Mendagri, terangnya.

Plt Kadis Koperasi dan UMK Batubara menjelaskan bahwa keinginan masyarakat pergantian nama Kecamatan Nibung Hangus menjadi Datuk Limalaras sangat realistis, apalagi menyangkut kearifan lokal yang bertujuan untuk mengangkat kembali situs sejarah kedatukan Limalaras yang pernah bersemayam disana sesuai UU Cagar Budaya untuk melestarikan kearifan lokal.(als)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *