Pjs Walikota Hadiri Launching Kampung Pengawasan Partisipasi Kota Pematangsiantar

  • Bagikan

PEMATANGSIANTAR (Berita): Pjs Walikota Pematangsiantar Drs Matheos Tan MM menghadiri launching Kampung Pengawasan Partisipasi Masyarakat Oleh Bawaslu, terhadap peran masyarakat dalam mengawasi pemilihan serentak tahun 2024 sangat penting demi terciptanya penyelenggaraan pemilihan yang jujur dan adil.

Untuk mengawasi pemilihan serentak, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumut meresmikan Kampung Pengawasan Partisipasi Kota Pematangsiantar di Jalan Dalil Tani, Kelurahan Tomuan Kecamatan Siantar Timur Kota Pematangsiantar, Kamis (24/10/2024).

Ketua Bawaslu Kota Pematangsiantar, Nanang Wahyudi Harahap mengatakan, Kampung Pengawasan Partisipatif merupakan salah satu role model dalam meningkatkan pengawasan pelaksanaan pada Pilkada mendatang di Kota Pematangsiantar.

“Dari sinilah diharapkan semangat pengawasan bergerak maju hingga ke kampung lainnya ke seluruh pojok kampung untuk menciptakan Pilkada yang sejuk dan damai,” kata Nanang.

Mewakili Pjs. Wali Kota Pematangsiantar, Ir Ali Akbar Sembiring sebagai Kakan Kesbangpol mengapresiasi atas launching Kampung Pengawasan Partisipasi Kota Pematangsiantar. Kampung pengawasan partisipatif dapat mewujudkan Pilkada yang berintegritas dan masyarakat kota Pematangsiantar berhak dan bertanggungjawab mengawasi terselenggaranya Pilkada 2024 mendatang.

Dalam kesempatan itu, Pemko menghimbau kepada seluruh masyarakat agar berpartisipasi aktif dalam mensukseskan agenda besar Pilkada serentak. Jangan sampai terkotak-kotak karena perbedaan pilihan.

“Tujuan Pilkada, memilih pemimpin yang amanah yang bisa mewujudkan Siantar lebih baik lagi,” kata Akbar.

Kordiv Pencegahan dan Parmas Bawaslu Provinsi Sumut, Suhadi Sukendar Situmorang, SH, MH saat meresmikan Kampung Pengawasan Partisipasi memaparkan tiga program unggulan dalam rangka pengawasan, salah satunya pengadaan Kampung Pengawasan Partisipasi.

“Kampung pengawas partisipasi di Kota Pematangsiantar merupakan kota ke-8 dari 33 Kabupaten/Kota di Sumut yang diresmikan Bawaslu Sumut,” jelasnya.

Dengan peresmian ini, partisipasi masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan pilkada lebih aktif lagi, jangan takut melaporkan jika adanya dugaan pelanggaran.

Kepala Seksi Pidana Umum KN Pematangsiantar, Firman Simorangkir SH MH menyampaikan terlaksana kegiatan hari ini sebagai wujud kepedulian semua pihak untuk mengawasi pelaksanaan Pilkada serentak pada 27 November 2024 mendatang.

“Kejaksaan Negeri Simalungun mendukung Pilkada pilkada damai dan kondusif. Kesuksesan Pilkada menjadi tanggungjawab semua pihak, khususnya masyarakat dan semua elemen,” kata Firman.

Dalam kesempatan itu dilakukan deklarasi okeh perwakilan tokoh sarikat, tokoh masyarakat dan tokoh agama Kelurahan Tomuan yang siap mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan Pilkada yang langsung, umum, bebas dan rahasia, jujur dan adil.

Mewujudkan Pilkada yang aman,damai, tertib, berintegritas tanpa hoax, politisasi sara dan politik Mewujudkan partisipatif masyarakat di Kelurahan Tomuan dan berani melaporkan jika terjadi dugaan penyelenggaraan Pilkada.

Turut hadir Divisi Hukum KPU Kota Pematangsiantar, Chucha Ashari SH, Camat Siantar Timur Massa Zebua, Kapt.Inf Mulyono mewakili Dandim 0207/Simalungun dan mewakili Kapolres Kabag Binmas IPTU Jahrona Sinaga.

Peresmian Kampung Pengawasan Partisipasi diwarnai dengan pemberian ulos dan bulang horja tanda penghormatan menyambut tamu. Juga pengguntingan pita dan pelepasan balon. Dukung Pilkada damai dan kondusif, (srt)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *