Pjs Walikota Siantar Nobar Pelantikan Presiden – Wakil Presiden RI

  • Bagikan

PEMATANGSIANTAR (Berita): Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Pematangsiantar Drs Matheos Tan MM menghadiri acara nonton bareng (nobar) pelantikan Presiden-Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Nobar bersama pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemko Pematangsiantar tersebut berlangsung di Ruang Serbaguna Pemko Pematangsianțar, Minggu (20/10/2024) pagi.

Saat nobar, Matheos dan para pimpinan OPD mengikuti prosesi pelantikan dengan seksama. Saat lagu Indonesia berkumandang di Gedung Nusantara Komplek Parlemen Jakarta, tempat pelaksanaan pelantikan, maka Matheos dan para pimpinan OPD turut berdiri dan ikut bernyanyi.

Begitu juga ketika acara mengheningkan cipta, semua yang berada di Ruang Serbaguna turut menundukkan kepala. Bahkan ketika Prabowo meneriakkan “Merdeka!” di akhir sambutannya, Matheos dan pimpinan OPD ikut berteriak “Merdeka!”.

Pelantikan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden di Gedung Nusantara Komplek Parlemen dipimpin Ketua MPR RI Ahmad Muzani. Prabowo-Gibran secara resmi telah dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Hal ini ditandai sumpah jabatan yang telah dibacakan Prabowo dan Gibran di hadapan Pimpinan MPR dan para wakil rakyat.

Sebelum sumpah dibacakan, acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, yang kemudian dilanjutkan mengheningkan cipta. Prabowo yang mengenakan beskap Betawi terlebih dahulu membacakan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” ucap Prabowo.

Setelah Prabowo, giliran Gibran membaca sumpah jabatan. “Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankankan segala Undang-Undang dan peraturan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” ujar Gibran.

Selanjutnya, Prabowo dan Gibran menandatangani berita acara di hadapan para Pimpinan MPR RI. Dalam pidato perdananya sebagai Presiden RI di hadapan anggota parlemen, Prabowo membahas beragam hal, mulai korupsi, kemiskinan, swasembada pangan, swasembada energi, hilirisasi komoditas, hingga Palestina.

Usai nobar, Pjs Wali Kota Pematangsiantar Drs Matheos Tan MM mengatakan dirinya memang mengajak para pimpinan OPD Pemko Pematangsiantar untuk menyaksikan siaran langsung prosesi pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden-Wakil Presiden RI.

Menurut Matheos, pelantikan Prabowo-Gibran merupakan momen sejarah karena mulai 20 Oktober 2024 bangsa Indonesia memiliki pemimpin baru yang merupakan hasil pilihan masyarakat Indonesia pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu.

Matheos berharap pelantikan Presiden-Wakil Presiden menjadi semangat baru bagi kemajuan Indonesia, termasuk Kota Pematangsiantar. Dia yakin, Prabowo akan memimpin Indonesia ke arah yang lebih baik lagi.

“Kita dari Pemerintah Kota Pematangsiantar tentunya mendukung dan siap bersinergi dengan program-program pemerintah yang baru di bawah kepemimpinan Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Rakabuming Raka,” sebut Matheos. (rel/srt).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *