Rosalina Berharap Perkebunan Hapesong Bisa Jadi Desa Wiraswasta Kreatif

  • Bagikan
Berita Sore/Birong RT Ketua TP PKK Tapanuli Selatan Ny Rosalina Dolly Pasaribu saat melakukan pembinaan di desa Perkebunan Hapesong Kec. Batang Toru, Jum'at (5/4/2024).

TAPSEL (Berita): Ketua TP PKK Tapanuli Selatan Ny Rosalina Dolly Pasaribu berharap Perkebunan Haposong Kecamatan Batang Toru bisa menjadi desa wiraswasta kreatif yang mampu meningkatkan pendapatan keluarga.

“Sebab, Desa Perkebunan Hapesong merupakan salah satu desa binaan berdasarkan surat keputusan (SK) Bupati Tapanuli Selatan dengan kategori Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K),” ujarnya saat melakukan pembinaan desa tersebut, Jum’at (5/4/2024).

Disebutkan tujuan UP2K adalah untuk membina dan mengembangkan kegiatan usaha keluarga bergabung dalam kelompok untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Menurutnya, Pemberdayaan ekonomi keluarga pada dasarnya seluruh anggota keluarga terlibat dalam kegiatan produktif, sehingga bertambah pendapatan keluarga yang sumbangsihnya masing- masing anggota memberikan sumbangan pendapatannya untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Selain kegiatan UP2K PKK telah dapat dirasakan oleh keluarga dan masyarakat di daerah. Produksi yang dihasilkan juga telah mampu merubah tingkat ekonomi keluarga, sehingga melalui kegiatan UP2K PKK dapat meningkatkan pendapatan keluarga untuk memenuhi kebutuhan hidup yang berkecukupan.

” Dengan adanya pembinaan ini diharapkan muncul inovasi-inovasi baru yang bernilai ekonomis sehingga terus menunjang pendapatan keluarga,” tandasnya.

Sementara, Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu optimis bahwa Desa Perkebunan Hapesong kembali berpotensi membawa nama harum Tapanuli Selatan seperti desa Pardomuan Kec. Arse yang mana tahun 2023 lalu desa ini berhasil meraih Juara 1 tingkat Provinsi Sumut kategori UP2K PKK.

” Tahun ini, kami mendapat informasi bahwa desa Pardomuan akan mengikuti Jambore tingkat Nasional mewakili Provinsi Sumut,” tutur Dolly.(Rong)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *