Tingkatkan Pencapaian, Pj Bupati Batubara Minta ASN dan Non ASN Bayar PBB

  • Bagikan
Berita Sore/alirsyah Pj Bupati Batubara Nizhamul, SE, MM pada Evaluasi Capaian Target PBB-P2 dan Retribusi Daerah Kabupaten Batubara Tahun 2024 serta Perluasan Digitalisasi Daerah (TP 200) Kabupaten Batubara di Aula Kantor Bupati Batubara Rabu (5/6/2024).

BATUBARA (Berita) Penjabat (Pj) Bupati Batubara Nizhamul, SE, MM dorong peningkatan pencapaian Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di daerahnya.

Nizhamul minta seluruh Kepala OPD, Camat, Kepala Desa dan Lurah untuk melakukan pengecekan ke seluruh ASN dan non ASN serta perangkat desa untuk memastikan pembayaran PBB-P2.

Hal itu dikatakannya pada Evaluasi Capaian Target PBB-P2 dan Retribusi Daerah Kabupaten Batubara Tahun 2024 serta Perluasan Digitalisasi Daerah (TP 200) Kabupaten Batubara di Aula Kantor Bupati Batubara Rabu (5/6/2024).

Nizhamul mengatakan jika masih ada ASN, non ASN dan perangkat desa yang belum membayar PBB-P2 tahun 2024, ia akan memberikan teguran secara lisan agar segera melakukan pembayaran.

Pj Bupati Batubara memerintahkan kepada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Batubara agar melakukan monitoring terhadap pembayaran PBB-P2 dari aparatur pemerintah dan masyarakat Kabupaten Batubara. Seterusnya berkoordinasi dengan Inspektorat dalam mengevaluasi bagi yang tidak mengindahkan imbauan ini.

Demi menunjang peningkatan PAD dari sektor PBB-P2 Pemkab Batubara menerbitkan Surat Edaran Bupati Batu Bara Nomor 900/1.13.1/2658/2024 tentang pembayaran PBB-P2 PNS, P3K, Kepala Desa, perangkat desa dan tenaga honorer di Lingkungan Pemkab Batubara.

Kemudian pelayanan tertib administrasi, Pemkab Batu Bara juga menerbitkan Surat Edaran Bupati Batu Bara Nomor 900/1.13.1/1610/2024 tentang kewajiban melampirkan bukti lunas pembayaran PBB-P2 dalam setiap pelayanan administrasi di Lingkungan Pemkab Batubara.

Guna memotivasi dan mendorong kesadaran masyarakat dalam melakukan pembayaran PBB-P2 secara tertib dan tepat waktu berikan kemudahan kepada masyarakat dalam pembayaran PBB-P2. PT Bank Sumut hadir di desa-desa se- Kabupaten Batu Bara dengan produk Sumut Link.

“Saya berharap dengan adanya Sumut Link di desa, masyarakat dalam pembayaran PBB-P2 akan mendapatkan kemudahan dan meningkatkan penerimaan capaian realisasi PBB-P2 di setiap desa,” katanya.

Pada acara itu, Bapenda berkolaborasi dengan PT Bank Sumut memberikan reward capaian realisasi PBB-P2 tahun 2023 kepada 11 perusahaan, 3 diantaranya PT Inalum, PT Pelindo dan PT Muli Nabati Asahan.

Peringkat 3 pencapaian penerimaan PBB-P2 tingkat Kecamatan tahun 2023 yakni Kecamatan Tanjung Tiram, Kecamatan Datuk Tanah Datar dan Kecamatan Sei Balai.

Begitu juga dengan peringkat 3 pencapaian penerimaan PBB-,P2 tingkat desa/kelurahan se-Kabupaten Batubara tahun 2023.(als)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *