Wali Kota Siantar Serahkan Dana BLT DBH-CHT Ke Masyarakat

  • Bagikan

PEMATANGSIANTAR (Berita): Di hari kedua penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil-Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT) Tahun 2024, Kamis (19/9/2024), Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA menyerahkan kepada perwakilan masyarakat dari delapan kecamatan.

Penyerahan BLT DBH-CHT dilakukan di Kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), Jalan Dahlia Kelurahan Simarito Kecamatan Sianțar Barat.

dr Susanti dalam sambutannya mengaku bahagia karena warganya menerima BLT DBH-CHT. Di hari kedua, sebanyak 352 keluarga penerima manfaat (KPM) dari masyarakat 8 kecamatan menerima penyaluran BLT DBH-CHT.

“Bapak ibu sudah diverifikasi dan dianggap pantas mendapatkan BLT,” kata dr Susanti, seraya menambahkan di hari pertama, Rabu (18/9/2024) BLT DBH-CHT dibagikan kepada 256 KPM yang merupakan buruh harian lepas (BHL) pabrik rokok.

Penyaluran BLT DBH-CHT, menurut dr Susanti, merupakan kepedulian Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar kepada masyarakat dalam upaya memperbaiki perekonomian dan mensejahterakan masyarakat.

Dilanjutkan dr Susanti, diharapkan penyaluran BLT DBH-CHT menjadi agenda rutin.
“Semoga di tahun depan yang mendapatkan lebih banyak lagi, dan nominalnya bertambah,” sebut dr Susanti.

dr Susanti mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang selama ini telah mendukung dan berkontribusi terhadap pembangunan di Kota Pematangsiantar.

“Bapak ibu telah bekerjasama dalam pembangunan perekonomian. Salah satunya telah membuat situasi kondusif, aman, dan damai, serta penuh toleransi. Semua berkat doa dan kerja seluruh masyarakat,” ujar dr Susanti.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk terus bersama membangun Kota Pematangsiantar.

Kepada penerima BLT DBH-CHT, dr Susanti berpesan agar menggunakannya sebaik-baiknya dan setepat-tepatnya, yakni tepat guna, tepat waktu, dan tepat sasaran.

“Semoga bantuan ini bisa membantu mengurangi beban ekonomi. Doakan kami sehat sehingga tetap dapat menjalankan amanah, tugas, dan tanggung jawab kami untuk kesejahteraan masyarakat,” tukas dr Susanti.

Salah seorang KPM dari Kecamatan Sianțar Martoba, Nurmiana Manurung mengucapkan terima kasih kepada Pemko Pematangsiantar dan dr Susanti atas bantuan yang mereka terima.

“Semoga bantuan ini berkah dan bermanfaat. Semoga Ibu dr Susanti tetap sehat dan terus dapat membersamai kami di tahun-tahun berikutnya. Tetap menjadi ibu bagi Kota Pematangsiantar, mengayomi, dan mendengarkan aspirasi masyarakat,” kata Nurmiana.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada camat dan lurah, dan berharap mereka menjadi pemimpin yang selalu mendengarkan aspirasi masyarakat. “Semoga tahun depan dapat lagi (BLT DBH-CHT) dan nominalnya bertambah.

Sebelumnya, Kepala Dinsos P3A Kota Pematangsiantar Pardomuan Nasution SS MSP dalam laporannya menerangkan, DBH-CHT merupakan dana yang ditransfer dari pemerintah pusat kepada Pemko Pematangsiantar.

Pardomuan mengatakan, di hari pertama, Rabu (18/9/2024) diserahkan BLT DBH-CHT kepada pekerja pabrik rokok, dan di hari kedua kepada masyarakat. Setiap penerima, mendapatkan Rp1,2 juta.

“Tidak dipungut biaya dan tanpa potongan. Jika ada yang memotong, laporkan kepada kami,” tegas Pardomuan, seraya mengintai agar bantuan tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok.

“Semoga yang diberikan ini bermanfaat untuk kita semua. Semoga tahun depan ada lagi, dan jumlahnya bertambah,” sambungnya.

Acara diisi dengan penyerahan BLT DBH-CHT kepada perwakilan masyarakat dari delapan kecamatan oleh dr Susanti didampingi camat masing-masing.

Turut hadir, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Dra Happy Oikumenis Daely, Pimpinan Bank Sumut Kantor Cabang Pematangsiantar Suhardi Sembiring, pimpinan OPD terkait, camat, dan lurah, (rel/sur)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *