Wali Kota Sidimpuan Buka MTQ Ke-XX

  • Bagikan
Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution secara resmi membuka Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XX  di SMK Negeri 2, Kelurahan Sadabuan, Kecamatan Sidimpuan Utara, Kamis (4/3) sore.beritasore/ist
Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution secara resmi membuka Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XX  di SMK Negeri 2, Kelurahan Sadabuan, Kecamatan Sidimpuan Utara, Kamis (4/3) sore.beritasore/ist

Padangsidimpuan ( Berita ) : Wali Kota Irsan Efendi Nasution secara resmi membuka Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XX  tingkat Kota Padangsidimpuan di SMK Negeri 2, Kelurahan Sadabuan, Kecamatan Sidimpuan Utara, Kamis (4/3) sore.

Pembukaan MTQ ini menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Jumlah peserta dan undangan yang hadir benar-benar dibatasi. Hanya beberapa perwakilan.

MTQ diselenggarakan tiga hari, Kamis (4/3) sampai Sabtu (6/3). Pembukaan ditandai pemukulan beduk oleh Wali Kota Padangsidimpuan secara bergantian bersama Forkopimda, diiringi kumandang azan Muazzin.

Hadir Wakil Wali Kota Arwin Siregar, Sekda Letnan Dalimunthe, Kapolres AKBP Juliani Prihartini, mewakili Dandim 0212/TS, Danyon 123/RW, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan, MUI, Ketua Tim Penggerak PKK Derliana Irsan dan lainnya.

Dalam sambutannya Wali Kota Irsan Efendi Nasution mengatakan, Al Qur’an rujukan sepanjang masa bagi umat Islam. Meneladani firman Allah SWT yang terkandung di dalamnya, adalah kunci sukses dunia dan akhirat. Tiada keraguan di dalam firman-firman tersebut.

“MTQ merupakan satu ikhtiar dalam menyebarkan syiar Islam. Semoga MTQ ini terselenggara dengan sukses, dan pandemi Covid-19 segera berlalu,” harap Irsan.

Kakan Kementerian Agama Sidimpuan Saripuddin Siregar menambahkan, MTQ juga sebagai ajang seleksi atau penilaian bagi para kafilah terbaik. Kemudian akan mewakili kota ini di Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat provinsi pada April nanti di Kota Pematangsiantar.

Sementara Ketua DPRD Siwan Siswanto mengatakan, MTQ memingkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan Al Qur’an bagi pesertanya maupun masyarakat dan segenap pihak yang berpartisipasi di kegiatan ini.

“Hari ini hari baik dan berkah. Karena di tempat ini kita berkumpul bersama para ulama dan penghafal Qur’an maupin Hadist. Mari kita syukuri dan maknai nikmat ini,” ajak Siwan.

Sebelumnya Ketua Panitia juga Asisten 1 Iswan Nagabe Lubis melaporkan, MTQ ini diikuti 196 orang peserta dari enam kafilah. Dengan rincian 33 dari kafilah Kecamatan Padangsidimpuan Utara (tuan rumah).

Kafilahb Kecamatan Sidimpuan Selatan 30 orang, Sidimpuan Tenggara 33, Sidimpuan Batunadua 34, Sidimpuan Hutaimbaru 35 dan Sidimpuan Angkola Julu 31 orang.

Pada MTQ ke-XX ini ada tujuh cabang yang dilombakan. Yakni Tilawatil Qur’an, Hifzil, Fahmil, Syarhil, Hadist, Tafsir dan Khattil Qur’an. Adapun Dewan Hakim yang dilibatkan pada MTQ ini sebanyak 53 orang.

“Panitia dan peserta MTQ ke-XX ini berkomiten untuk menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat mulai dari pembukaan sampai penutupan,” tegas Iswan Nagabe.

Sementara Camat Padangsidimpuan Utara Zulkifli Lubis sebagai tuan rumah mengatakan, lapangan SMK Negeri 2 tempat pelaksanaan MTQ ini berkapasitas 800 orang. Namun karena di tengah Pandemi Covid-19, jumlah yang hadir dibatasi hanya 300 orang.

MTQ ke-XX ini mengusung tema ‘Mengawal Padangsidimpuan Berkarakter pada masa Pandemi dengan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an’. (rem)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *