Walikota Tanjungbalai Sambut Kunjungan Liaison Officer BNPB Pusat 

  • Bagikan
Usai pertemuan foto bersama Walikota M. Syahrial, SH , Mayjen (Purn) Darlan Harahap/LO BNPB Pusat RI bersama unsur Forkopinda.BeritaSore/Syaiful Nasution
Usai pertemuan foto bersama Walikota M. Syahrial, SH , Mayjen (Purn) Darlan Harahap/LO BNPB Pusat RI bersama unsur Forkopinda.BeritaSore/Syaiful Nasution

Tanjungbalai (Berita) : Wali Kota Tanjungbalai H. Syahrial, SH bersama unsur Forkopinda Pemko Tanjungbalai sambut kunjungan Liaison Offier BNPB Pusat untuk Walayah Sumut. Mayjen (Purn) Darlan Harahap di Pendopo Rumah Dinas WaliKota, Kamis (28/5/2020)

Kunjungan BNPB di Kota Tanjungbalai rangka menyikapi dan penanganan Pandemi Covid-19 di Kota Tanjungbalai dan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Pusat dalam persiapan Kota Tanjungbalai menuju “New Normal” .

Walikota Tanjungbalai H. Syahrial, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Mayjen (Purn) Darlan Harahap selaku LO BNPB Pusat RI untuk Wilayah Sumut yang telah berkunjung ke Kota Tanjungbalai pada kegiatan monitoring terkait penanganan Covid-19 di Kota Tanjungbalai.

Pada prinsipnya Pemerintah Kota Tanjungbalai melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungbalai sudah melaksanakan protokol sesuai SOP Covid -19.

Terkait kondisi geografis Kota atau Luas Wilayah Kota serta jumlah penduduk Kota Tanjungbalai saat ini berkaitan penanganan Covid-19 di Kota Tanjungbalai.

WaliKota mengatakan, bahwasanya Pemkot Tanjungbalai melalui Gugus Tugas Covid-19 telah melakukan langkah-langkah penanganan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Tanjungbalai.

Pemkot Tanjungbalai dalam hal ini akan mengajukan “New Normal” Kepada Pemerintah Pusat dengan menyiapkan segala mekanisme melalui Protokol Kesehatan yang disesuaikan dengan Pemerintah Pusat.

Nantinya berbagai lapisan masyarakat Tanjungbalai yang telah menyampaikan aspirasinya kepada DPRD Tanjungbalai untuk segera bersama sama dengan Pemkot Tanjungbalai mengajukan Tanjungbalai menuju “New Normal”, Pada Selasa (2/6/2020).

Pemkot Tanjungbalai bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungbalai akan melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan New Normal bersama Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tanjungbalai,” Ucapnya,

Selain itu, dalam rapat Seketaris gugus tugas Covid-19 Kota Tanjungbalai. Kepala BPBD Tanjungbalai Ridwan Parinduri menyampaikan paparan terkait penanganan Covid-19 di Kota Tanjungbalai, bahwasanya Pemkot Tanjungbalai telah membentuk gugus tugas.

Dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Tanjungbalai dan gugus tugas telah melaksanakan penyemprotan fasum, himbauan dan memberikan informasi terkait Protokol Kesehatan Covid-19, mendirikan Posko pemeriksaan kesehatan di pintu masuk perbatasan Kota Tanjungbalai, mendirikan posko karantina .

Sementara, penyalurkan bantuan Bansos dari Pemkot Tanjungbalai kepada seluruh masyarakat Tanjungbalai dampak Covid-19 untuk tahap pertama dan pemulangan TKI/TKW Warga Tanjungbalai yang menjadi Pekerja migran di Malaysia serta mendistribusian bansos Pemprovsu. ” Ujarnya.

LO BNPB

Dalam hal tersebut, LO BNPB Pusat untuk Wilayah Sumut, Mayjend.TNI (Purn) Darlan Harahap, menyampaikan, pada akhir April lalu, sudah ada 162 pihak yang terdiri dari individu, organisasi, perusahaan swasta, BUMN, BUMD dan institusi pemerintahan yang menyalurkan bantuan lewat Posko dan bantuan yang diberikan beragam bentuk, mulai dari sembako, perlengkapan sanitasi hingga Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan oleh Tenaga Medis sebagai garda terdepan dalam perang menghadapi Covid-19,”.

Bantuan itu mulai bulan Mei, diantaranya, Bantuan Sosial Tunai (BST) yang diprakarsai oleh Kementerian Sosial (Kemensos) sudah disalurkan melalui Kantor Pos. Kemudian bantuan sembako dari Pemprovsu juga sudah disalurkan ke masyarakat dan penyalurannya dipantau langsung oleh tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK.

Selain itu, Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa, juga telah disalurkan kepada masyarakat terdampak, terkait mekanisme komunikasi, tim Gugus Tugas yang sudah didukung dengan teknologi informasi yang mumpu sehingga proses koordinasi dapat berjalan lancar dan aman sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku, Ujarnya.

Selain itu pada saat ini, Posko juga sudah dilengkapi dengan fasilitas video conference yang didukung aplikasi Zoom untuk mempermudah koordinasi dengan berbagai pihak, baik internal Kabupaten/Kota, Provinsi hingga tingkat Nasional pada Pemerintah Pusat, “

“Situasi menjelang “New Normal” atau Normal Naru, perlu dipersiapkan dengan matang. Memang prosesnya tidak akan mudah, apalagi di tengah kultur masyarakat yang berbeda-beda. Akan tetapi sinergitas yang konsisten saya yakini dapat mengatasi kendala apapun itu, Ujarnya.

Dalam pertemuan diakhiri ini pemberian Pemerintah Kota Tanjungbalai M. Syahrial, SH pemberian cendrawasih mata oleh Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial kepada LO BNPB Pusat, Mayjen (Purn) Darlan Harahap.

Hadir dalam acara tersebut, Dandim 0208/AS Letkol Inf. Sri Marantika Beruh, S.Sos, Asisten Pemerintahan, Nurmalini Nasution, S. Sos, S.Com. Para Kepala OPD dilingkungan Pemkot Tanjungbalai serta Anggota Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungbalai.

Walikota Tanjungbalai H. M. Syahrial, SH dikonfirmasi Wartawan BS melalui Kabag Humasnya Darwansyah, membenarkan, kegiatan pertemuan tersebut, selesai aman lancar dan kondusif. Ujarnya. ( Syn)

Berikan Komentar
  • Bagikan