Kegigihan Kapolda Sumut Percepatan Vaksinasi Diapresiasi

  • Bagikan
Kapolda Sumut Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs R. Z. Panca Putra Simanjuntak, M.Si saat meninjau vaksinasi massal di Madina. beritasore/Ist
Kapolda Sumut Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs R. Z. Panca Putra Simanjuntak, M.Si saat meninjau vaksinasi massal di Madina. beritasore/Ist

MEDAN ( Berita ) : Kegigihan Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs R. Z. Panca Putra Simanjuntak, M.Si untuk percepatan vaksinasi di berbagai daerah di Sumatera Utara mendapat apresiasi akademisi.

“Saya melihat Kapolda Sumut memastikan bahwa percepatan vaksinasi sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan sangat gigih.

Rasanya hampir tidak ada daerah yang tidak dikunjungi langsung oleh Kapolda Sumut dalam rangka vaksinasi,” ujar Dr Dedi Sahputra, MA dosen Fisipol Universitas Medan Area (UMA), Senin (25/10).

Menurutnya apa yang dilakukan oleh Kapolda Sumut adalah hal yang penting untuk percepatan vaksinasi di daerah ini.

“Dengan rajinnya Kapolda Sumut mengunjungi daerah-daerah dalam rangka vaksinasi, maka masyarakat akan terpacu ikut divaksin,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kapolda Sumut beserta rombongan terbang ke pulau Nias. Kamis (23/9). Turut mendampingi Kapolda Sumut Irjen. Pol. Drs. R.Z. Panca Putra, M.Si yaitu Ketua Bhayangkari Daerah Sumut Ny. Rita Setya Rini, S.H, Wakapolda Brigjen Dr. H. Dadang Hartanto, S.H., S.I.K., M.Si. Wakil ketua Bhayangkari Daerah Sumut Vitri Renny Triyanti dan PJU Polda Sumut.

Kedatangan Kapolda Sumut beserta rombongan adalah untuk memantau percepatan vaksinasi kepulauan Nias. Setibanya di Gunungsitoli Kapolda langsung mengecek Vaksinasi merdeka di SMA N 3 Kota Gunungsitoli yang ditujukan kepada Pelajar, lansia juga sekaligus memberikan Bantuan Sosial, Kapolda dan rombong juga meninjau vaksin di Kec. Lotu Kab. Nias Utara

“Saya meminta Untuk di wilayah Kab. Nias Utara sesuai dengan target Presiden RI, pada akhir tahun 2021 di wilayah Kab. Nias Utara harus mencapai 70% masyarakat yang sudah di vaksin yaa bapak Bupati, agar apa yg kita harapkan bisa segera tercapai yaitu bebas dari covid -19,” ucap Irjen Panca.

Jenderal Bintang dua ini juga mengucapkan terimakasih kepada Pemda Nias karena sudah berusaha untuk mensosialisakan dan mengajak masyarakat agar mau di vaksin. “ saya ingatkan walaupun sudah di vaksin tetap patuhi prokes 5M saat beraktifitas di luar rumah” pungkas Kapoldasu.

Di USU

Di tempat terpisah Kapolda Sumut turut hadir di Lapangan Stadion Mini Universitas Sumatera Utara (USU) untuk meninjau langsung pelaksanaan Vaksinasi merdeka.

Target vaksinasi ini sebanyak 2.000 dosis. Vaksinasi ini menggunakan Vaksin Sinovac, yg bersumber dari Biddokkes Polda Sumut yg akan disuntikan kepada mahasiswa, masyarakat umum serta para pemuda/i dan pedagang di sekitar lokasi vaksinasi dengan melibatkan Vaksinator sebanyak 64 personel.

Selain peninjauan ke USU Kapolda Sumut juga menghadiri langsung pelaksanaan Vaksinasi di Kampus Universitas Methodist Indonesia (UMI) dan Kampus Universitas Pembangunan Panca Budi.

Dalam peninjauan ini Kapolda Sumut dan rombongan turut mengikuti pelaksanakan peninjauan vaksinasi oleh presiden secara zoom meeting, Presiden langsung Teleconference dengan beberapa universitas diantaranya Universitas Muhammadiyah, Universitas Palangkaraya, Universitas Negeri Padang dan Vihara Kepulauan Riau.

Dalam peninjauan Kapolda Sumut memberikan Sembako kepada masyarakat dan mahasiswa yang berada di Kampus Universitas Pembangunan Panca Budi.

Orang nomor satu di Polda Sumut mengatakan Kegiatan Vaksinasi Merdeka hari ini dilaksanakan serentak seluruh Indonesia.

Di Sumut dilaksanakan di empat Universitas yaitu USU, Universitas Pembangunan Panca Budi, Universitas Methodist Indonesia dan Universitas Efarina yang berada di Kota Pematangsiantar, pelaksanaan ini gunanya yaitu untuk mempercepat pemberian Vaksin kepada para mahasiswa dan masyarakat umum.

Ditambahkan, tujuan percepatan pelaksanaan vaksinasi ini untuk mempersiapkan pelaksanaan belajar mengajar dengan tatap muka dan kini kota Medan sudah berada di PPKM Level 3.

”Kita membutuhkan kerjasama yg baik Antara pemerintah Dan masyarakat untuk mewujudkan harapan kita bisa segera terbebas dari pandemi Covid -19 ini, jadi silahkan di ajak dan ingat kan saudaranya yg belum melakukan vaksin,” katanya.

Di Madina

Kapolda Sumut dan Pangdam I BB diwakili AS OPS Pangdam juga melakukan peninjauan langsung pelaksananaan vaksinasi massal pelajar di sekolah MAN 3 Desa Huraba Kec. Siabu Kab. Madina dan pelaksanaan Vaksinasi Massal Polres Madina, Selasa (21/9).

Pelaksanaan vaksinasi massal harus kita maksimalkan agar semua kembali normal karena vaksin adalah salah satu cara untuk menghambat laju penyebaran Covid-19 Ucap Kapoldasu di sela peninjauan pelaksaan vaksin.

Irjen Panca juga mengatakan Salah satu tempat yang di kunjungi adalah Mandailingnatal, “Saya atas nama Pemerintah Sumatera Utara mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Madina karena sudah turun dari level 4 ke level 2 dan tentunya kita jangan terlalu bereuforia karena pandemi Covid itu adalah bagian yang sangat kita waspadai,” ujarnya.(DD)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *