Ketua KPPU RI Kodrat Wibowo Meninggal Dunia

  • Bagikan

JAKARTA (Berita): Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Kodrat Wibowo, meninggal dunia Jumat, 5 November 2021 sekitar pukul 12.05 WIB di  Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta, akibat serangan jantung.

“Beliau meninggal dunia di usia 50 tahun dan meninggalkan seorang istri, serta satu putra dan satu putri,” kata Deswin Nur, Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama, Sekretariat KPPU Jumat (5/11).

Kodrat Wibowo bergabung menjadi Komisioner KPPU pada tahun 2018, dan terpilih menjadi Ketua KPPU periode 2020-2023. “Sepak terjang beliau dikenal sebagai ahli ekonomi mikro, statistik dan ekonometrika, keuangan dan kebijakan publik, serta perencanaan pembangunan,” ungkapnya.

Deswin mengatakan almarhum menuntaskan Pendidikan Doctoral dan meraih gelar Ph.D-nya pada bidang Ekonomi di Oklahoma University pada tahun 2003. Sebelum bergabung di KPPU,  pernah pula beberapa kali memegang jabatan penting seperti menjadi Ketua Dewan  Pengawas PDAM Tirta Wening Kota Bandung, Wakil Ketua Komite Audit Majelis Wali Amanah Universitas Padjadjaran, dan Wakil Direktur Lembaga Pengkajian Independen Kebijakan Publik (LPIKP).

Bahkan hingga saat ini masih aktif menjadi akademisi dan Peneliti Senior di Center for Economics and Development Studies (CEDS) FEB Unpad.

Pria kelahiran Bogor 1971 ini juga sering melibatkan diri pada kegiatan pengabdian masyarakat, seperti menjadi Anggota Juri pada Penghargaan Pangripta Nusantara Award (Penghargaan Perencanaan Pembangunan Terbaik Nasional) di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas pada tahun 2010-2014.

Juga menjadi Instruktur pada kegiatan Jenjang Fungsional Perencana Pembangunan (JFP) yang merupakan kerja sama Unpad dan Bappenas.

“Selamat jalan Bapak, semoga Allah mengampuni dosa-dosamu, dan diberikan tempat terbaik,” ungkap Deswin.

Ia menambahkan sehubungan dengan hal tersebut, forum jurnalis yang semua dijadwalkan Jumat (5/11) maka diundur.

Kepala KPPU Kanwil I Medan Ridho Pamungkas juga turut mendoakan almarhum agar diberikan yang sebaik-baiknya di sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *