Pemkab Palas Gelar Musrembang Perubahan RPJMD 2020-2024

  • Bagikan
Wakil Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi membuka kegiatan Musrembang perubahan RPJMD Palas 2020-2024 di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan. Kamis (7/10). beritasore/Muhammad Satio
Wakil Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi membuka kegiatan Musrembang perubahan RPJMD Palas 2020-2024 di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan. Kamis (7/10). beritasore/Muhammad Satio

PALAS (Berita): Dalam rangka sinergitas pembangunan daerah dan pemulihan ekonomi atas dampak sosial yang disebabkan pandemi Covid-19 Pemerintah Daerah Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar Musrembang penyusunan perubahan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Palas 2020-2024, Kamis (7/10) di aula Hotel Al Marwah Sibuhuan.

Wakil Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt,MM,MSi menyampaikan, selama pandemi Covid-19 perekonomian dunia dan indonesia di proyeksi mengalami perlambatan, resesi, dan bahkan depresi ekonomi.

Maka, perlu mengagendakan kebijakan normal baru agar dampak terhadap ekonomi tidak sampai menimbulkan krisis yang berkepanjangan.

Kebijakan ini berhubungan dengan perencanaan pembangunan dimana pemerintah sudah menetapkan program, target, dan major projects di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Perkembangan krisis kesehatan yang berdampak pada ekonomi nasional ini praktis membuat seluruh daerah harus menerima dengan rencana-rencana strategis yang telah ditetapkan semula dan merevisi perencanaan pembangunan sesuai arah kebijakan pembangunan nasional.

Dimana target disesuaikan secara realistis, asumsi diubah sesuai keadaan sekarang dan prioritas program jangka pendek dialihkan sebagian besar untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Katanya, perubahan arah kebijakan nasional itu tentunya berimbas kepada arah kebijakan di daerah. Baik, di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang harus menyesuaikan dengan arah kebijakan pembangunan nasional yang didalamnya juga terdapat perubahan beberapa regulasi yang baru seperti pengelolaan keuangan, Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dan peraturan lainnya yang dijadikan pedoman baik dalam proses perencanaan maupun penganggaran di daerah,” kata Zarnawi.

Wakil Bupati berharap, pelaksanaan Musrenbang tersebut dapat menghasilkan suatu kerangka pembangunan daerah yang realistis dan terukur berdasarkan baseline data yang ada.

Peningkatan kesejahteraan masyarakat serta pengentasan kemiskinan dan pengangguran terbuka menjadi fokus utama pemerintahan daerah.

“Saya berharap kepada saudara-saudara sekalian dapat berpikir cerdas, Inovatif, kreatif, serta memflash back data-data capaian tahun-tahun sebelumnya.

Sehingga menghasilkan manfaat yang besar dimana muara dari semua itu tidak lain adalah pencapaian target-target pembangunan di akhir periode RPJMD nantinya,” tegas Zarnawi.

Wakil Ketua II DPRD Padang Lawas Sahrun Hasibuan (F/PAN) dalam kesempatan itu berharap perubahan RPJMD Palas nantinya tetap mengaju pada visi misi Bupati dan Wakil Bupati periode 2018-2023 menuju Masyarakat yang Beriman, Cerdas, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya (Bercahaya).

Katanya, pihaknya juga berharap tidak adanya perubahan yang signifikan terhadap visi misi Bupati dan Wakil Bupati. Sebab, hal itu juga merupakan bagian yang sama-sama diinginkan bersama masyarakat.

“Apa yang menjadi visi misi RPJMD ini, merupakan saripati dari visi misi yang pernah dijanjikan oleh Bupati dan Wakil kepada masyarakat. Kalaupun memang ada perubahan diharapkan hanya pada bagaimana menghadapi dan menangani pandemi Covid 19, khususnya pada bidang Kesehatan, Pendidikan, Bencana, Rekonstruksi dan pemulihan ekonomi nasional,” kata Sahrun.

Musrembang tersebut, tampak dihadiri Kepala Bappeda Palas Triyanta Hadil Khoiri Dairiyawan SE MSi, Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi, Pabung Kodim 0212/TS Kapten ARH Soleh Hasibuan, Ketua MUI H.Ismail Nasution Lc, Kakan Kemenag H.Abdul Manan MA, PN, PA, Bappeda Tapanuli Selatan, Bappeda Padang Lawas Utara, Bappeda Padangsidimpuan, Kepala OPD, Camat, Insan Pers, OKP, ORMAS dan BUMN. (tio).

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *