Warga Luat Harangan Rindukan Jalan Mulus

  • Bagikan

TAPSEL (Berita): Warga Luat Harangan Sekitarnya merindukan jalan mulus di desa mereka. Untuk itu mereka berharap kepada Ketua DPRD Tapanuli Selatan , Husin Sogot Simatupang akan memperjuangkan dapilnya (daerah pemilihannya) terkait jalan rusak parah, akan diperbaiki di daerah itu.

Warga merasa sudah terlalu lama termarginal, terisolir, terbelakang dan tertinggal dihampir semua sendi dan aspek kehidupan seperti layaknya sebagian besar warga provinsi Sumatera Utara atau Sumut lainnya.

Luat Doloksordang atau biasa disebut dengan Luat Harangan, Kecamatan Sipirok kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) meminta Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat tunaikan janjinya.

“Kami sudah terlalu lama termarginal, terisolir, terbelakang dan tertinggal di dan dari hampir seluruh sendi kehidupan yang layak di Sumut,”ujar warga Luat Harangan, baru-baru ini.

Pemukiman Luat Harangan terdiri dari enam desa, yakni Doloksordang Julu, Pangaribuan, Panaungan, Pargarutan, Barnangkoling dan Doloksordang).
Sedangkan 12 dusun, terdiri Janjilobi, Hasahatan, Liang, Sialang, Pangaribuan, Gadu, Salese, Panaungan, Sihaborgoan, Tapus, Sabungan dan Ampolu hidup jauh dari layak seperti sebahagian besar warga Sumut.

Demikian diutarakan para tokoh masyarakat Luat Harangan melalui postingan di aplikasi WhatsApp Group (WAG) mereka bergabung dan disampaikan kepada wartawan kemarin.

Wilayah tersebut dihuni penduduk tidak kurang dari 3.300 jiwa, luas wilayahnya mencapai 12.300 hektare atau 27 persen dari luas seluruh kecamatan Sipirok, panjang jaringan jalan kabupaten mencapai 72 kilometer tetapi yang diaspal baru lima 5 kilometer.

Saat itu kondisi jalannya sangat parah sampai-sampai tidak dapat dilalui karena bertepatan pula musim hujan. Ketua DPRD, Husin Sogot Simatupang pada waktu itu menjanjikan kepada masyarakat setempat untuk melakukan perbaikan (membangun) jalan secara jumping atau dengan cara mendahulukan badan jalan yang terparah agar lalulintas dan pengangkutan barang bisa berjalan lancar.

Ketua Komunitas Rakyat Wilayah Doloksordang dan sekitarnya (KORIDOR), H. Asman Hutasuhut, MM yang dikonfirmasi  membenarkan adanya keluhan masyarakat di Doloksordang dan sekitarnya atau dikenal juga dengan sebutan Luat Harangan sejak beberapa tahun terakhir ini.

“Bahkan kita diikutkan bersama tokoh masyarakat dan seluruh kepala desa mendampingi Ketua DPRD Tapsel, Husin Sogot Simatupang berkeliling Luat Harangan untuk study kelayakan pembangunan jalan kabupaten menjelang akhir tahun 2019 yang lalu itu serta mendengar langsung ungkapan janji Ketua DPRD, Husin Sogot Simatupang selesai berkeliling waktu itu,” kata Asman Hutasuhut.(rem/rong)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *