BI Dukung “Beli Kreatif Danau Toba”

  • Bagikan

DAIRI (Berita) : Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara resmi meluncurkan gerakan “Beli Kreatif Danau Toba” sebagai bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) secara virtual dan dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno di Hotel Debang Resort, Silalahi, Kabupaten Dairi, Sabtu (20/2).

Gubernur BI Perry Warjiyo yang juga hadir dalam peluncuran itu secara virtual menyebut, pihaknya mendukung penuh gerakan Beli Kreatif Danau Toba karena dinilai efektif untuk membangkitkan UMKM di tengah pandemi.

BI telah menyiapkan tiga strategi untuk menyukseskan gerakan ini yaitu pertama, mengerahkan 64 kantor cabang BI di Indonesia dan luar negeri untuk ikut mengkampanyekan ini secara masif.

Kedua, mengajak seluruh masyarakat untuk lebih gemar membeli produk UMKM (lokal) ketimbang mancanegara.

“Ketiga, memperluas implementasi QRIS agar dapat memudahkan pelaku UMKM dan pembeli melakukan transaksi jual beli tanpa harus tatap muka,” katanya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut, Soekowardojo menambahkan, pihaknya memfasilitasi sistem pembayaran dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam gerakan Beli Kreatif Danau Toba tersebut.

“Kami tak hanya memfasilitasi sistem pembayaran saja tapi juga pelatihan untuk UMKM-nya. Kita akan berikan pelatihan kepada mereka agar bisa on-boarding serta pengenalan kepada perbankan hingga upaya-upaya untuk bisa melakukan ekspor,” terangnya.

Ia menyebut, pihaknya bersama dengan BI Pematangsiantar dan BI Sibolga telah mempersiapkan dua strategi besar untuk mendukung kegiatan tersebut melalui pengembangan UMKM dan ekonomi syariah serta perluasan digitalisasi sistem pembayaran melalui QRIS di delapan Kabupaten kawasan Danau Toba.

Dalam acara ini, BI Sumut juga bersinergi dengan Pemkab Dairi menyelenggarakan fashion show kain etnik khas daerah Sumut dengan melibatkan UMKM binaan dan fashion designer nasional.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mendukung UMKM untuk naik kelas dan semakin mantap untuk ‘go digital’ guna mendukung perluasan implementasi QRIS untuk transaksi digital

“UMKM dan komunitas wisata di Sumut. Kontribusi kami dalam gerakan ini merupakan wujud nyata BI Sumut dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi di Sumut,” tutupnya.

Presiden Jokowi pada acara virtual itu mengatakan “Gerakan Beli Kreatif Danau Toba” ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas agar mampu bangkit di masa pandemi.

Apalagi potensi alam dan ekonomi kreatif di kawasan ini besar dan bisa benar-benar maju, tak hanya on-boarding melalui marketplace saja.

.”Misalnya, ulos dan kopi yang sudah mendunia. Maka dengan bangga saya luncurkan gerakan Beli Kreatif Danau Toba ini,” ujar Jokowi di sela peluncuran.

Sementara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyampaikan optimismenya akan perekonomian Kawasan Danau Toba dengan memanfaatkan teknologi digital dimana saat ini industri digital tengah berkembang pesat.

“Semoga dengan adanya gerakan Beli Kreatif Danau Toba ini bisa menjadi kesempatan untuk membuka akses pasar. Saat ini, kita akan fokus pada pengembangan SDM dan kesiapan produk ekonomi kreatifnya, tantangannya adalah memberi pelayanan terbaik, produk terbaik dan pelayanan kelas dunia.

Kita harus punya produk fesyen,kuliner dan kriya yang bisa menghadirkan ketertarikan wisatawan. Mudah-mudahan ini bisa terwujud dan membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya,” tandasnya.(wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *