BI Gelar KKSU 2021, Momentum Pemulihan Ekonomi Dan Recovery Pariwisata

  • Bagikan
Kepala  Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Soekowardojo pada pre event KKSU 2021 dan Webinar secara virtual Kamis (16/9). Beritasore/laswie wakid
Kepala  Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Soekowardojo pada pre event KKSU 2021 dan Webinar secara virtual Kamis (16/9). Beritasore/laswie wakid

MEDAN (Berita): Karya Kreatif Sumatera Utara Tahun 2021 (KKSU 2021) digelar secara virtual selama 4 hari (16-19 September 2021) sebagai momentum pemulihan ekonomi dan proses recovery pariwisata serta pengembangan ekonomi kreatif di Sumut.

Kepala  Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Soekowardojo mengatakan hal itu pada pre event KKSU 2021 dan Webinar I secara virtual, Kamis (16/9).

Soekowardojo mengatakan KKSU 2021 diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (KPw BI Sumut) bersama KPw BI Sibolga dan KPw BI Pematang Siantar, bersinergi dan berkolaborasi dengan para stakeholder.

KKSU 2021 mengusung tema “Bersinergi Membangun Negeri, UMKM Kuat, Ekonomi Maju, Indonesia Tangguh”.

Sedangkan  Webinar I bertema “Eksotisme destinasi wisata Sumut: pariwisata yang inklusif” diisi dengan keynote speech

Pembicara pada Webinar itu Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Sumut Zumri Sulthony, Direktur Pemasaran Ekraf, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI Yuana R Astuti, Dirut Badan Pengembangan Otorita Danau Toba (BPODT) Jimmy B Panjaitan dan Kades Hutani Ginjang Gokma Siregar dipandu moderator  Zilvia Iskandar (penyiar Metro TV).

Soekowardojo menyebut pandemi Covid-19 ini memberikan tantangan yang luar biasa bagi perekonomian dunia maupun Indonesia, sehingga berbagai upaya dilakukan agar ekonomi bisa kembali pulih.

Namun bila dilihat sekilas data makro perekonomian Indonesia dan Sumut harapan untuk recovery sudah mulai terlihat berdasarkan rilis PDRB triwulan 2 tahun 2021.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia mencatat angka positif 7,07 persen tahunan sementara untuk pertumbuhan ekonomi Sumut juga tumbuh positif 4,95 persen secara tahunan.

“Pertumbuhan positif ini, sebagai momentum recovery ekonomi kedepan setelah pada 4 triwulan sebelumnya mencatat kontraksi atau pertumbuhan negatif,” ujar Soeko, panggilan akrabnya.

Kegiatan ini, menurutnya,  juga mendorong kuat dalam pemanfaatan momentum pemulihan ekonomi dan proses recovery pariwisata dan pengembangan ekonomi kreatif di Sumut melalui program super prioritas.

Hal ini seperti yang diicanangkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi dan Kementerian Pariwisata dan Kreatif (Kemenparekraf) dimana pertumbuhan ekonomi dapat berjalan secara bersamaan.

Soeko menambahkan kegiatan ini merupakan event tahunan untuk mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khususnya yang tersebar di berbagai daerah Sumatera Utara biar terus berinovasi menghasilkan produk lokal yang berkualitas.

KKSU 2021 itu digelar dalam rangka Road to Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021, sekaligus turut menyemarakkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), Gerakan Nasional Bangga Berwisata #diIndonesiaAja# (BWI), dan Beli Kreatif Danau Toba (BKDT) 2021.

Pagelaran KKSU mengusung 2 agenda utama, yaitu Forum KKSU dengan kegiatan berupa webinar dan talkshow, serta KKSU Fair dengan kegiatan berupa showcasing produk UMKM binaan dan mitra menggunakan sarana website KKSU, promosi dan penjualan produk secara digital dengan memanfaatkan kanal marketplace, media sosial, dan influencer.

Anggota DPR RI Komisi XI, Dapil Sumut Sihar Sitorus yang tampil sebagai narasumber pada webinar itu mengatakan kondisi pandemi Covid-19 ini harus membuat pelaku UMKM tetap mengembangkan diri meski dalam keadaan sulit. Sehingga tetap membuahkan hasil ketika keluar dari masa pandemi.

Menurutnya kegiatan ini cukup baik untuk mengakomodir kreasi anak bangsa agar terus bergerak, baik dalam sektor pariwisata dan juga menciptakan produk lokal dan nasional.

Sihar menuturkan, beberapa waktu lalu Dewan Eksekutif  UNESCO ke 209 saat di Paris juga telah menetapkan Danau Toba sebagai Global Geopark.

Pengakuan UNESCO ini adalah modal kuat bagi Sumut untuk merangkai kekuatan alam, budaya masa lalu untuk dibawa ke kehidupan global masa kini.

Sihar mengatakam senagai contoh film Hollywood Kingkong yang syutingnya di Pulau Mursala Tapteng menjelaskan bahwa Danau Toba menjadi studio alam untuk perfilman.

Pusuk Buhit yang identik dengan spiritual lokal berpotensi hiking trail dan olahraga ekstrem seperti parasailing dan lainnya.

“Jalan panjang berkelok menuju Danau Toba juga menjadi potensi sebagai lokasi ajang balap sepeda.

Tinggal tantangan kita untuk menutup lobang-lobang di rute tersebut yang selama ini masih menggangu perjalanan,” ungkap Sihar.

Sementara itu, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Zumri Sulthony menjelaskan lebih dua tahun pandemi Covid-19 melanda Indonesia kunjungan wisatawan Sumut kini berada di titik terendah.

Pada tahun 2020, hanya sebanyak 444.400 orang wisatawan mancanegara yang berkunjung. Namun di Januari-Juni 2021, hanya 230 orang wisatawan mancanegara.

Ditambah kondisi covid-19 level PPKM khususnya di Sumut ada 3 di level 4. “Ini membuat sektor pariwisata tidak bisa bergerak, karena harus mengikuti aturan yang berlaku,” kata Zumri.

Zumri mengakui kini pariwisata terbatas sekali ruang geraknya. Sektor transportasi, akomodasi, dan pendukung pariwisata lainnya sekarang ini benar-benar tiarap.

“Untungnya tidak tertidur. Makanya kita berikan awareness, agar pariwisata kita tetap eksis dan berbenah diri. Bahwa pariwisata Sumut tetap bergerak mempersiapkan diri,” jelasnya.

Webinar dilanjutkan dengan talkshow bertema “Mendorong Kemandirian Ekonomi Pesantren Yang Inklusif”, pukul 13.00 – 16.30 WIB.

Kata pembuka oleh KPw BI Sibolga Aswin Kasotali, Konten kreator keislaman Habib Husein Ja’far Al-Hadar, ustadz Jafar Syahbuddin selaku Ketua Yayasan Pesantren Darul Mursyid, Sipirok dan Asisten Direktur DEKS BI Misha N Ramadhan. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *