BPS Prioritas Wujudkan Satu Data Indonesia

  • Bagikan

LUBUKPAKAM (Berita): Agenda prioritas Badan Pusat Statistik (BPS) ke depan dalam rangka perwujudan Satu Data Indonesia (SDI), seperti Sensus Pertanian 2023, Pendataan UMKM 2022, Potensi Desa, Statistik Kebencanaan, dan E-Commerce.

“Keberhasilan program tersebut juga tidak bisa lepas dari peran media massa untuk turut serta membantu mensosialisasikannya sehingga meningkatkan atensi masyarakat untuk mendukung pelaksanaan lapangannya,” kata Syech Suhaimi, Kepala BPS Sumatera Utara Selasa (28/9).

Dia berbicara pada Workshop Wartawan Dalam Rangka Ekspose Dan Pembinaan Data Statistik Sosial Ekonomi Sumatera Utara Tahun 2021 di Thong’s Inn Hotel, Lubukpakam.

Suhaimi mengatakan data BPS terkini juga dapat diakses melalui website BPS maupun aplikasi android “”Allstat BPS” yang memudahkan pengguna data untuk memperoleh data makro maupun mikro yang telah dikumpulkan BPS.

“Selain itu juga terdapat layanan live chat pada website BPS yang membantu pengguna data untuk berkonsultasi,” katanya.

Apalagi literasi statistik semakin menjadi perhatian di era revolusi industri 4.0 yang sangat dekat dengan perkembangan teknologi informasi.

Di era pandemi ini, tak hanya pemerintah, namun juga para akademisi, pelajar/mahasiswa, maupun masyarakat awam semakin melek dengan data, khususnya data statistik terkait covid-19 baik mengenai penyebarannya, mortality rate-nya, maupun mengenai cakupan serta informasi vaksin.

Presiden RI, Jokowidodo, juga menekankan untuk berkonsolidasi dan merujuk pada DATA serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam mengatasi pandemi covid-19.

“Kondisi ini tentunya menjadi peluang bagi kita bersama untuk terus memasyarakatkan statistik dan memberikan literasi statistik sesuai dengan peran kita masing-masing dimana BPS sebagai penyelenggara statistik dasar dan media sebagai rujukan masyarakat dalam mengakses informasi terkini,” ungkapnya.

Terkait hal tersebut, BPS selalu berusaha untuk terus menyelenggarakan kegiatan statistik nasional untuk menyediakan data statistik yang lengkap, akurat, dan mutakhir dalam rangka mewujudkan Sistem Statistik Nasional yang andal, efektif, dan efisien guna mendukung pembangunan nasional, sesuai amanah Undang-Undang Statistik No. 16 Tahun 1997.

Tak hanya menyelenggarakan statistik dasar, namun BPS juga menjadi Pembina Statistik dalam penyelenggaraan statistic sektoral yang digawangi oleh

Kementrian/Lembaga Negara dan Instansi Pemerintah lainnya serta Statistik Khusus yang diselenggarakan oleh lembaga, organisasi, perorangan, dan atau unsur masyarakat lainnya.

Menurutnya, proses pengumpulan data di masa pandemi juga menjadi tantangan baru bagi BPS dalam menghasilkan data statistik yang berkualitas, cepat dan beragam.

Berbagai metode pengumpulan data yang dilakukan mulai dari metode konvensional seperti Sensus, Survei maupun kompilasi produk administrasi terjadi berbagai penyesuaian.

Begitu pula metode modern dengan memanfaatkan perkembangan IPTEK untuk memperkaya sumber data BPS juga telah dilakukan, seperti penggunaan bigdata dengan mobile positioning for tourism and commuter.

Sehingga berbagai indikator statistik masih dapat secara rutin dirilis oleh BPS yang diumumkan dalam Berita Resmi Statistik (BRS) sehingga masyarakat dengan mudah mengetahui dan atau mendapatkan data yang diperlukan.

“Penyebarluasan hasil rilis tersebut pun tidak lepas dari peran media massa. Sekali lagi saya turut mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan media,” jelasnya.

BPS sebagai penyelenggara statistik dasar untuk mewujudkan Sistem Statistik Nasional yang andal, efektif, dan efisien sangat membutuhkan media sebagai perantara kepada masyarakat dan turut

mensosialisasikan setiap kegiatan statistik untuk mencapai tujuan tersebut. Terkait hal tersebut, kegiatan pada saat ini berfokus pada: Tereksposenya indikator-indikator sosial ekonomi BPS Provinsi Sumatera Utara terkini.

Wartawan memiliki persepsi dan pemahaman yang sama atas indikator-indikator statistik yang dihasilkan oleh BPS. (wie)

Berikan Komentar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *